PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
This research was aimed to know the effect of Student Work Sheet (SWS) based inquiry towards student Critical Thinking Skills (CTS). The samples of this research were XI IPA1 and XI IPA2 that was chosen by purposive sampling. The quantitative data was obtained from the average value of test that analyzed by using U-test. The qualitative data were description of student CTS, learning activities and questionnaire responsed that analyzed descriptively. The results of experiments showed that the improvement of student CTS was increase in experiment class with gain average (0.45) in middle criteria. Gain average on deduction skils (0.29); induction skill (0.75); and argument skill (0.63). Where as students average of learning activities was (61.70%) with middle criteria. Thus, learning used SWS based inquiry was influenced not significantly to improve students CTS.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terhadap KBK (Keterampilan Berpikir Kritis) siswa. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-U. Data kualitatif berupa deskripsi KBK, aktivitas belajar, dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan KBK siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata gain (0,45) yang berkriteria sedang. Rata-rata gain pada kemampuan melakukan deduksi (0,29); keterampilan melakukan induksi (0,75); dan keterampilan mengemukakan argumen (0,63). Sedangkan rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar (61,70%) yang berkriteria sedang. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan LKS berbasis inkuiri berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan KBK siswa.
Kata kunci : aktivitas belajar, KBK, LKS berbasis inkuiri
Full Text:
PDFReferences
Amri, dan Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
BSNP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Keller, 1992. Journal of Motivation Disossiation and Analysis Student in Class/Development and Use of The ARCS Model of Instructional Design Journal of Instructional Development (Line).di akses dari http://www.scrb.journal/motivation.go.id. pada (19 februari 2013 10.15 a.m)
Nurhidayati. 2011. Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Ekosistem(skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Oleyede, O.I. 2004. Effect of Small group Instructional Techniques on Chemistry Achievement of SSS slow Learners ABUJOUS. Nigeria: Scholl of Education, National Open University of Nigeria, Lagos.
Riyanto, Y. 2001. Metodologi Pendidikan. Jakarta: SIC.
Roestiyah, N.K. 2008. Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.