Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PENGUASAAN MATERI SISWA

Yulia Susidawati, Pramudiyanti Pramudiyanti, Berti Yolida

Abstract


This experiment aimed to find out the use of applicating cooperative learning model type talking stick towards improvement of students learning activities and outcomes. The research designs were non equivalent pretest – posttest. The research sample were students in VII1 and VII2 class that was selected by cluster random sampling. Data of the research were qualitative and quantitative. The qualitative data was gotten by students learning activity and questionnaire that was analyzed descriptively. The quantitative data was the average score of test, that was analyzed by t-test and U-test. The result of this study shown that the average of students outcomes in experimental class are higher than control (experiment= 77.92; control = 61.08). The average of student learning activities percentage in all observed aspects in experimental class shown higher enhancement than control (experiment = 82.22; control = 66.66). In addition,  the students also gives positive responses to applicating cooperative learning model type talking stick.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap aktivitas dan penguasaan materi siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII1 dan VII2 yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar  kelas eksperimen lebih tinggi (eksperimen = 77,92; kontrol = 61,08). Rata-rata persentase aktivitas siswa semua aspek kelas eksperimen juga menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi (eksperimen = 82,22; kontrol = 66,66). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran talking stick.

Kata kunci : aktivitas belajar, penguasaan materi, talking stick


Full Text:

PDF

References


Anonim. 2010. Proses Belajar Mengajar. http// www.google.com (29 Januari 2013) : 14.23 WIB.

Asrofudin. 2010. Kegiatan Belajar Mengajar.www.blogrankings.com /../ 2982 html. (25 februari 2013). 15.40 WIB.

Dewi, I. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 13 Bandar Lampung Pada Sub Materi Vertebrata. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Hamalik, O. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara. Jakarta.

Hanafiah. 2008. Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama. Bandung

Haryati. 2007. Penerapan Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jaten. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Lie, A. 2008. Memperaktikan Cooperatif Learning di Ruang ruang Kelas.. Grasindo. Jakarta.

Mutarto. 2011. Efektifitas Pembelajaran Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Materi Ekosistem. (http://sditalqalam.wordpress.com/2011/01/09,strategi-pembelajaran-active-learning/) diakses pada 25 maret 2013.

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Pendidikan. SIC. Jakarta.

Sagala. 2010. Proses Pembelajaran Talking Stick. www.blogrankings.com /../ 4584 html. (3 desember 2012). 08.20 WIB.

Slameto. 2001. Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit Semester. Bumi Aksara. Jakarta.

SNP. 2009. Dihimpun oleh Afnil Guza. Asa Mandiri. Jakarta.

Trianto. 2009. Model-model Pembelajaran inovatif Berorientasi konstruktivisme. Prestasi Pustaka Publisher. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.