Pengaruh Pembelajaran IPA Menggunakan Media Puzzle Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik

Tika Wulandari, Rini Rita T Marpaung, Darlen Sikumbang

Abstract


This research aims to determine the effect of puzzle media on students critical thinking. The study population was all grade VII students at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung totaling 192 people. The research sample was students from 2 classes, namely class VII A and VII B who were selected from the population by using purposive sampling technique. The research instrument used a pretest-posttest sheet. The design used is the nonequivalent control group design. The data analysis used t-test at a significance level of 5% which shows the results of the sig value. (2-tailed) 0.00 <0.05, which means that the average n-Gain learning outcomes of students' critical thinking skills between the experimental class and the control class differed significantly. This is due to the using puzzle media, because students are trained to think critically through using puzzle media during the learning process. Thus, it is known that using puzzle media can affect the critical thinking skills of students.

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh media puzzle terhadap berpikir kritis peserta didik. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung berjumlah 192 orang. Sampel penelitian adalah peserta didik dari 2 kelas yaitu kelas VII A dan VII B yang dipilih dari populasi dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar pretes-postes. Desain yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Analisis data yang digunakan Uji t- test pada taraf signifikansi 5% yang menunjukkan hasil nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 yang berarti n-Gain rata-rata hasil belajar kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda signifikan. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan media puzzle, karena peserta didik dilatih untuk berpikir kritis melalui media puzzle saat proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian, diketahui bahwa menggunakan media puzzle dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

 

Kata kunci: berpikir kritis, media puzzle, sains


Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs matematika. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta.

Nursyamsuddin, dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dengan Pendekatan Saintifik. Kemendikbud RI. Jakarta.

Rosiana, K. 2013. Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Vol.1(2) : 33.

Rusyan, A. T., Kusdaniae, A., &Arifin, Z. 1992. Pendekatan Dalam proses Belajar mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.