The Relationship between Practicum Implementation with Learning Outcomes and Science Process Skills

Nanda Pertiwi, Berti Yolida, Darlen Sikumbang

Abstract


This study aims to determine the relationship between practicum implementation and science process skills on learning outcomes of class X students at SMA Negeri 15 Bandar Lampung on ecosystem material. The research sample was class X MIA 3 which was selected using a purposive sampling technique. This research is a correlational descriptive study. Research data were  qualitative and quantitative. The research instruments were observation sheets, questionnaires, and daily tests. Data analysis using Pearson correlation analysis techniques using the SPSS Statistics 17.0 program. The results showed that there was a relationship between the implementation of practicum and science process skills on student learning outcomes in the Ecosystem material. And there was no correlation between the implementation of practicum and science process skills simultaneously to the learning outcomes of students in class X MIA 3 in SMA Negeri 15 Bandar Lampung in the Ecosystem material in the academic year 2018/2019.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelaksanaan praktikum dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 15 Bandar Lampung pada materi ekosistem. Sampel penelitian adalah kelas X MIA 3 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Data penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif.  Instrumen penelitian berupa lembar observasi, angket, dan ulangan harian. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi pearson menggunakan program SPSS Statistics 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pelaksanaan praktikum danketerampilan proses sains terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Ekosistem. Dan tidak terdapat hubungan pelaksanaan praktikum dan keterampilan proses sains secara simultan terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIA 3 di SMA Negeri 15 Bandar Lampung pada materi Ekosistem tahun ajaran 2018/2019.

 Kata kunci: hasil belajar, keterampilan proses sains, praktikum


Full Text:

PDF

References


Ali, M., dan Asrori, M. 2014. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT BumiAksara.

Barnawi dan Arifin, 2012. Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Haryono. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. (0nline), (http://dikdas.jurnal.unesa.ac.id/bank/jurnal/Model_Pembelajaran_Berbasis_Peningkatan_Ketrampilan_Proses_Sains.pdf, diakses 9 Desember 2019).

Khairi, M., Sarong, M. S., & Abdullah. 2016. Hubungan Keterampilan Proses Sains dengan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Alami dipandu Modul pada Submateri Invertebrata di Mas Babun Najah Banda Aceh. Jurnal Education Biology Tropika, 4 (2), 1-52.

Mustaji. 2014. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran.: (http://pasca.tp.ac.id/site/Pengembangan-Kemampuan-Berpikir-Kritis-dan-Kreatif-dalam-Pembelajaran, diakses pada 17 Desember 2019).

Nurhayati, E. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurningsih.dkk. 2017. Komponen Penilaian KPS. (online), (Ed).(http://mahmudin.wordpress.com/-2010/10/komponen-penilaian-k-s/tembolok.html. diakses pada 7 desember 2018).

Pratiwi, DMD. Sulistiono, & Dwi, AB. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajar dengan Metode Ceramah dan Praktikum pada Materi Gaya pada Siswa Kelas IV SDN 1 Sebalor Kediri Tahun 2012/2013. Prosiding Seminar Biologi 10. (1). 172:173.

Sardjono. 2010. Hak Kekayaan Intelektual & Pengetahuan Tradisional. Bandung: PT Alumni.

Sofyan, A. 2006. Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Dalam Kelas, Metode, Landasan Teoritis, Praktis dan Penerapannya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Subiantoro.A.2010. Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA. Prosiding, Kegiatan PPM “Pelatihan Pengembangan Praktikum IPA Berbasis Lingkungan” bagi guru-guru MGMP IPA SMP Kota Yogyakarta. Yogyakarta: MGMP Yogyakarta

Suharso. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: CV. Widya Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.