PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN

Mar'i Naufal Rafsanzani Naufal Rafsanzani, Arwin Surbakti, Darlen Sikumbang

Abstract


Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Peduli Lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model project based learning dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan sikap peduli lingkungan peserta didik. Metode penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest postest non equivalent control group design. Sampel penelitian kelas VII 1 dan VII 2 SMP Negeri 2 Pesawaran. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dengan rata-rata N-gain kelompok eksperimen lebih tinggi (0,33) dibanding kelompok kontrol (0,21). Selain itu, pengunaan model project based learningjuga dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan secara signifikan dengan rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi (76,13) dibanding kelompok kontrol (69,30) sehingga kelompok eksperimen mendapatkan kriteria baik sedangkan kelompok kontrol mendapatkan kriteria cukup.

Kata kunci: hasil belajar kognitif, project based learning, sikap peduli lingkungan


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Pemendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta. Depdiknas.

Djamarah. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Faizin, N. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Skripsi. Universitas Ar-Raniry. Banda Aceh.

Hamalik, O. 2012. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kusuma, I. 2014. Pengembangan Karakter Siswa yang Peduli Lingkungan Melalui Penerapan 3R (reduce, reuse, recyle) dalam Pembelajaran IPS. Skripsi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia.

Manan, S. 1978. Pengaruh Hutan dan Manajemen Daerah Aliran Sungai. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Oby, A. P. 2016. Penerapan Model Project Based Learning untuk Menumbuhkan Sikap Kepedulian Terhadap Lingkungan dalam Memanfaatkan Benda yang Tidak Terpakai untuk Membuat Kerajinan. Tesis. FKIP Universitas Pasundan. Bandung

OECD. 2016. Results from PISA 2015. https://www.oecd.org/pisa/ PISA-2015-Indonesia.pdf. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2018, 23.00 WIB.

Oktaviana, E. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Materi Pengelolaan Lingkungan. Skripsi. Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Rahmawati, F. 2017. Penerapan Strategi Pjbl Berbantuan Modul 6M Meningkatkan Prilaku Siswa dalam Pengelolaan Sampah. Tesis. Universitas Negeri Malang.

Sudijono, A. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Timutiasari, B. 2016. Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Modul Program KRPL untuk Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Tesis. Universitas Negeri Malang.

Wena, M. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Widiyatmoko. 2012. Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.

Wisudawati, A. W., dan Eka, S. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.