Pengembangan Bahan Ajar Gerak Benda Angkasa Menggunakan Four Steps Teaching Material Development

Nadya Meriza, Parlindungan Sinaga, Nur Inayah Syar

Abstract


This study applied Four Steps Teaching Material Development to develop an integrated science teaching material theme space object movement and found out the effect of its implementation to enhance scienctific literacy. This study used R n D methode, while nonequivalent pretest and postest control group design used in the implementation then. The sampling of this study was eight grader at one of junior high school in Bandung. The result revealed that integrated science teaching material developed get into good categorize by percentage amount 70%. The implementation of integrated science teaching material developed increasing scientific literacy significantly compared to science teaching material from another source. Increasing science literacy the experimental group was higher than the control group with a value range of 17%. Futhermore integrated science teaching material is suitable to use during learning process.

Tujuan penelitian untuk menganalisis pengembangan bahan ajar IPA Terpadu terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siswa. Metode penelitian ini adalah Research and Development dan menggunakan desain Nonequivalent Pretest and Postest Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII salah satu sekolah di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar IPA Terpadu yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori baik dengan persentase sebesar 70%. Implementasi bahan ajar IPA Terpadu dapat meningkatkan literasi sains siswa lebih baik dibandingkan dengan bahan ajar dari sumber lain. Peningkatan kemampuan literasi pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dengan rentang nilai sebesar 17%. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa bahan ajar IPA Terpadu yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar pendamping dalam pembelajaran IPA.

 

Kata kunci: bahan ajar, IPA Terpadu, four steps teaching material development, literasi sains

Full Text:

PDF

References


Anwar, S. 2014. Pengolahan bahan ajar. Bandung: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Creswell, J.W. 2014. Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Ferreyra, R. 1979. Resources for the introduction of integrated science. New trends in integrated science teaching. Vol V. French: UNESCO. Available online at http://unesdoc.unesco.org /images/ 0013/001366/136669eo.pdf. ISBN 92-3-101757-8

Fogarty, R. 1991. How to Integrated the Curricula. Palatine, Ilinois: IRI/ Skylight Publishing, Inc.

Herdiani, A. 2013. Pengaruh Pembelajaran Inquiry Lesson Terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa SMP Pada Materi Fotosintesis. Thesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Herlanti, Y., Rustaman, N., dan Setiawan, W. 2008. Strategi baru dalam pengolahan bahan ajar Ilmu Pengetahuan Alam. (Hasil kajian terhadap teori reduksi didaktik dan pedagogi materi subyek). Edusains 1(1), Juni 2008 ISSN 1979-7281. Halaman 26-38.

Khuryati, I. K. 2014. Pengembangan modul pembelajaran ipa terpadu berbasis contextual teaching and learning (ctl) untuk smp/mts kelas VII. J. kaunia Vol. X No. 1, April 2014/1435: 50-58 ISSN 1829-5266 (print) ISSN 2301-8550.

Oludipe, D. I. 2011. Developing Nigerian integrated science curriculum. Journal of Soil Science and Environmental Management. 2 (8): 134-145, August 2011 Available online at http://www. academicjournals.org/JSSEMISSN 2141-2391.

Sinaga, P. 2014. Pengembangan program perkuliahan fisika sekolah iii untuk meningkatkan kompetensi menulis materi ajar calon guru menggunakan multi modus representasi. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sutardi. 2010. Pengembangan bahan ajar fisika SMA berbasis spreadsheet untuk meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi ilmiah. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIV HFI Jateng & DIY, Semarang 10 April 2010 hal. 168-179


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.