Efektivitas Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik

Siti Hariyani, Darlen Sikumbang, Berti Yolida

Abstract


This study aims to determine the effectiveness of learning Teams Games Tournament (TGT) in improving cognitive learning outcomes for VIII grade students on concept of respiratory system material. The design of this study was pretest -posttest control group. The sample in this study are 61 students of grades VIII3 and VIII5 of SMP Kartika  II-2 Bandar Lampung, were determined  through random sampling techniques. The data result were quantitative from pretest and posttest scores which consisted of 20 multiple choice questions. Based on the data obtained, the average N-gain of students in the experimental class was higher than students from control class. The Independent Sample t-test was used to analyzed the N-gain values to find out the improvement of students cognitive learning outcomes. The result showed that Teams Games Tournament (TGT) was effective in improving cognitive learning outcomes of 70% students on human respiratory system topic.

Keywords: respiratory system, learning outcomes, teams games tournament


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII pada materi sistem pernafasan. Desain penelitian ini adalah pretest-postest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik berjumlah 61 orang dari kelas VIII3 dan VIII5 SMP Kartika II-2 Bandar Lampung yang ditentukan melalui teknik random  sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest dan postest yang terdiri atas 20 soal pilihan ganda. Berdasarkan data yang didapatkan, rata-rata N-gain yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik, maka dilakukan uji statistik terhadap nilai N-gain yang dianalisis menggunakan uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan Teams Games Tournament (TGT) efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif 70% peserta didik pada materi sistem pernafasan.

Kata Kunci: hasil belajar, sistem pernafasan, teams games tournament



Full Text:

PDF

References


Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamid, S., Mas’ud, A., Ahmad, H. 2014. Penerapan Model Teams Games

Tournament (TGT) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTs Negeri Dowora. Jurnal Bioedukasi. 2 (2): 221-229

Lamudin. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Penguasaan Materi Pokok Sistem Peredaran Darah pada Manusia. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Lengkana, D. 2018. Pengembangan Program Pembelajaran Anatomi dan Fisiologi Tubuh Manusia Berbasis Multi Representasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Interelasinya dengan Keterampilan Generik Sains Calon Guru Biologi. Disertasi Doktor Pada FPS Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak diterbitkan

Pratama, Y.E., Suparman, U., Herpratiwi. 2013. Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Speaking Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Kelas X SMAN 8 Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan. 1 (8): 1-15

Purwita, S. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Teams Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Peserta didik Kelas XI Ak 1 SMK Batik Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: UNY

Rahmat, F., Suwatno., Rasto. 2018. Meningkatkan Pemahaman Kon-sep Siswa Melalui Teams Games

Tournament (TGT) : Meta Analisis. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi.

(5): 239-246

Sanjaya, W. 2011. Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Slavin, R. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Subroto, T., Umayah, S. 2015. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Peserta Didik (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 1 Lemahabang). Jurnal Euclid. 2(1): 1-8

Syah, M. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wijaya, H. 2013. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Aktivitas dan Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Pokok Organisasi Kehidupan Kelas VII SMPN 8 Bandar Lampung. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Yuniarti. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Yusuf, A. 2010. Peningkatan Minanat Dan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT SMAN 1 TP 2009/2010. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Zalyana. 2014. Reinforcement Positif dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Pekanbaru Riau. Jurnal Potensia. 13 (2): 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.