Pengaruh Metode Praktikum Berbasis Keterampilan Generik Sains Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Rency Meivita Citra, Berti Yolida, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This study aims to determine the effect of science generic skill based practice methods on student learning outcomes of class VIII even semester of SMP Negeri 19 Bandar Lampung on the material of human excretion system. The design used in this study is nonequivalent pretest-posttest control group design. The sample in this study were students of class VIII A and VIII I that consist of 57 people that were selected by cluster random sampling techniques. The average data of the pretest, posttest and N-gain values as a result of the analysis with the Independent Sample T-test was 5% confidence level. Based on data obtained, the average N-gain of students in the experimental class was than students from control class. The results showed that there was an influence of the use of science generic skill based practice methods on student learning outcomes on human excretion system topic.

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh metode praktikum berbasis keterampilan generik sains terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII semester genap SMP Negeri 19 Bandar Lampung pada materi sistem ekskresi manusia. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII I  berjumlah 57 orang yang dipiih melalui teknik cluster random sampling. Data rata-rata nilai pretest, posttest dan N-gain sebagai hasil analisis dengan uji Independent Sampel T-test pada taraf kepercayaan 5%. Berdasarkan data yang didapatkan rata-rata N-gain yang diperoleh peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingan dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan metode praktikum berbasis keterampilan generik sains terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia.

Kata kunci: hasil belajar, keterampilan generik sains, metode praktikum


Full Text:

PDF

References


Akyuni. 2010. Efektivitas Pembelajaran Praktikum Kimia Materi Pokok Reaksi Kimia Dalam Mening-katkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP IPA (Islam Plus Assalamah) Ungaran. Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Wali Songo.

Amalia. 2011. Efektivitas Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa Pada Pembelajaran Matematika Ma-teri Keliling dan Luas Lingkaran Ditinjau Dari Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP N3 Yogyakarta. Skripsi Tidak Diter-bitkan. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika PMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. 41 hlm.

Djamarah, S dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamzah, M. S. G. dan Abdullah, S. K. 2009. Generic Skill in Personel Development. European Journal of Social Scince.11 (4): 684-689.

Kariadinata, R. 2012. Menumbuhkan Daya Nalar (Power of Reason) Siswa Melalui Pembelajaran Analogi Matematika. Jurnal Imliah Program Studi Matema-tika.1(1): 2.

Kertiasa, N. 2006. Laboratorium Sekolah dan Pengelolaannya. Jakarta: Pudak Scientific.

Rahman, T. 2004. Pengembangan Program Pembelajaran Prak-tikum untuk Meningkatkan Kemampuan Generik Calon Guru Biologi. Disertasi. Bandung: Pasca Sarjana (S3) Pendidikan UPI Bandung.

Rustaman, N. Y, dkk. 2007. Materi Pokok Strategi Belajar Meng-ajar Biologi. Jakarta: Univeristas Terbuka.

Trianto, 2011. Mendesain Model Pem-belajaran Inovatif Progresif Edisi ke-4. Jakarta: Kencana.

Uno, H. 2011. Perencanaan Pembela-jaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.