Hubungan Praktikum dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem

Nuning Widya Astuti, Berti Yolida, Darlen Sikumbang

Abstract


This study aims to determine the relationship between the implementation of practicum and science process skills to learning outcomes of class X students at Senior High School Number 16 Bandar Lampung on ecosystem material. The research samples were students MIA 6 which were selected using the purposive sampling technique. The research data were qualitative and quantitative. The research instruments were obtained from observation sheets, questionnaires, and daily tests which were analyzed using Pearson correlation analysis techniques. The results showed that there was a relationship between practical to learning outcomes (r=0,997; p 0,047<0,05), there was a relationship between science process skills to learning outcomes (r=0,755; p 0,050=0,05), and there was no relationship between both of practicum and science process skills to learning outcomes of students in the ecosystem material (sig 0,301>0,05).

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelaksanaan praktikum dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 16 Bandar Lampung pada materi ekosistem. Sampel penelitian adalah kelas X MIA 6 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif.  Instrumen penelitian berupa lembar observasi, angket, dan ulangan harian yang dianalisis menggunakan teknik analisis korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pelaksanaan praktikum terhadap hasil belajar (r=0,997; p 0,047<0,05), ada hubungan antara keterampilan proses sains terhadap hasil belajar (r=0,755; p 0,050=0,05), dan tidak ada hubungan antara pelaksanaan praktikum dan keterampilan proses sains secara simultan terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem (sig 0,301>0,05).

Kata kunci: ekosistem, hasil belajar, hubungan, keterampilan proses sains, praktikum

Full Text:

PDF

References


Arianty, Har, Deswati. 2015. Pelaksanaan Praktikum dan Hubungan dengan Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA SMA Muhamadiyah Padang Panjang. Ejurnal Bung Hatta. 4 (5): 1-15.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Erlina. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di SMA Negeri 1 Merbau. Tesis. Medan: Program Pascasarjana Unimed.

Jihad, A. dan Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Khari, M., Sarong, M. S., Abdullah. 2016. Hubungan Keterampilan Proses Sains dengan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Alami dipandu Modul pada Submateri Invertebrata di Mas Babun Najah Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika. 4 (2): 1-52.

Munandar, K. 2016. Pengenalan Laboratorium IPA-Biologi Sekolah. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nurhayati, B., dan Lukman, W.S. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Nurningsih, D., dan Musthofa, R. M. 2017. Pengaruh Intensitas Pembelajaran Melalui Prak-tikum dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Mening-katkan Hasil Belajar Kognitif pada Materi Plantae dan Animalia Kelas X SMA. Surakarta: Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidkan Biologi dan Saintek) Ke-2 Universitas Muhammadiyah Surkarta

Pratiwi, Sulistiono, Dwi. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajar dengan Metode Ceramah dan Praktikum pada Materi Gaya pada Siswa Kelas IV SDN 1 Sebalor Kediri Tahun 2012/ 2013. Kediri: Prosiding Seminar Biologi Vol 10 No. 1. Seminar Nasional X Pendidikan Biologi.

Rahman, Samingan, Khairil. 2014. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Kerja Ilmiah Siswa pada Konsep Sistem Peredaran Darah di SMA Negeri 2 Peusangan. Jurnal EduBio Tropika. 2 (1): 121-186.

Rizal, M. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains. 2 (3): 163.

Subiantoro, A. 2010. Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA. Prosiding. Kegiatan PPM “Pelatihan Pengembangan Praktikum IPA Berbasis Lingkungan” bagi Guru-guru MGMP IPA SMP Kota Yogyakarta. Yogyakarta: MGMP Yogyakarta.

Sudijono, A. 2011. Evaluasi Pedidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Rineka Cipta.

Tusmiana, Gusmaweti, Lisa. 2006. Hubungan Kegiatan Praktikum dengan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang. Ejurnal Bung Hatta. 5 (7): 1-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.