Hubungan Pelaksanaan Praktikum dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
This study aims to determine the correlation of practice and science process skills to learning outcomes of class X students SMAN 13 Bandar Lampung in "Plantae" materials. The study sample were 36 students that were selected through purposive sampling technique. Research instruments used a questionnaires, observation sheets and daily test sheets. Research data were analyzed descriptively. The correlation test used was moment pearson correlation product. The results showed that practice correlation and learning outcomes showed that there was no significant correlation between the two. The results correlation tests of science process skills with learning outcomes indicate a significant correlation. While the results of multiple correlation tests show that between practice and science process skills on learning outcomes there was no significant correlation. Overall, practicum relations with science process skills on learning outcomes has an insignificant correlations.
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan praktikum dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 13 Bandar Lampung pada materi “Plantae”. Sampel penelitian adalah 36 peserta didik yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket, lembar observasi dan lembar ulangan harian. Data penelitian dianalisis deskriptif. Uji korelasi menggunakan korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara praktikum dengan hasil belajar menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara keduanya. Kemudian hasil uji korelasi keterampilan proses sains dengan hasil belajar menunjukkan adanya hubungan yang signifikan. Sedangkan hasil uji korelasi ganda menunjukkan bahwa antara praktikum dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar tidak terdapat hubungan yang signifikan. Secara keseluruhan, hubungan praktikum dengan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar memiliki hubungan yang tidak signifikan.
Kata kunci: hasil belajar, keterampilan proses sains, Plantae, praktikumReferences
Akyuni. 2010. Efektivitas Pembelajaran Praktikum Kimia. Semarang: IAIN Semarang.
Ariani, M., Hamid, A., dan Leny, L. 2015. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid dengan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 11 Banjarmasin. Quantum, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains . Vol 6 (1): 98-107.
Astuti, W.S., dkk. 2018. Penerapan Metode Praktikum Berbasis Kehidupan Sehari-hari Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIA MAN 1 Mataram. Jurnal Sains.Vol 3(1): 4-5.
Devi. 2011. Keterampilan Proses Sains. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Farhana, I. 2015. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa pada Model Pembelajaran Predict, Observed, Explain (POE) pada Materi Asam Basa. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Lestari, Y.M. 2017. Analisis Keterampilan Proses Sains pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar I Terhadap Mahasiswa. Skripsi. Bandar Lampung: UIN Raden Intan.
Nurdiyantoro, B. 2012. Statistika Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada.
Nurhayati, E. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurningsih, D. 2017. Pengaruh Intensitas Pembelajaran Melalui Praktikum dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif pada Materi Plantae dan Animalia Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Sains. Vol 2(5): 595.
Pratiwi, D.M.D., Sulistiono dan Dwi, A.B. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajar dengan Metode Ceramah dan Praktikum pada Materi Gaya pada Siswa Kelas IV SDN 1 Sebalor Kediri Tahun 2012/ 2013. Seminar Nasional X Pendidikan Biologi. Kediri.
Simalongo, A. N. dan Muchtar, Z. 2008. Pengaruh Pemakaian Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Vol 3 (1): 29-34
Subiantoro, A.W. 2010. Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA. Yogyakarta: UNY.
Sudjana, N. 2012. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Suparno, P. 2007. Filsafat Kontruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Sutisna, M.M.B. 2017. Analisis Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Praktikum pada Sub Konsep Protozoa. Skripsi. Semarang: UNNES.
Suwarno. 2013. Filsafat Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Umi, S., dan Mursai. 2017. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Terhadap Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Eksperimen. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol 5(1): 59-65
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.