Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik yang Proses Pembelajarannya Menggunakan Media Mind Map Dengan Concept Map
Abstract
The aimed of the research was to know the differences of students’ achievements using mind map and concept map on environmental pollution material in VII grade of MTs Al-Ma’rufi Kota Tasikmalaya at 2015/2016 academic year. The method used in this research was pre experimental design. The sample is used in the research which taken by total sampling technique as much as two class, class VII A which consist of 22 students used concept map and class VII B which consist of 23 student used mind map. The instrument in this research is test which consist of 40 multiple choice with 4 options of enviromental pollution material. The research concluded that there was the difference of students’ achievements using mind map and concept map on environmental pollution material in VII grade of MTs Al-Ma’rufi Kota Tasikmalaya at 2015/2016 academic year.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan media mind map dengan concept map pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII MTs Al-Ma’rufi Kota Tasikmalaya tahun ajar 2015/2016. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre eksperimental . Sampel diambil dengan teknik total sampling (seluruh populasi dijadikan sampel), yaitu di kelas VII A sebanyak 22 orang menggunakan media concept map dan di kelas VII B sebanyak 23 orang menggunakan media mind map. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa pilihan majemuk sebanyak 40 butir soal dengan empat option materi Pencemaran Lingkungan. Penelitian menyimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan media mind map dan concept map pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII MTs Al-Ma’rufi Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata kunci: concept map, hasil belajar, media pembelajaran, mind map, pencemaran lingkungan
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Aqib, Z. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Buzan, T. (2012). Buku Pintar Mind Map. Terjemahan Susi
Purwoko. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Creswell, J. 2014. Research Design: Pendekatan Kualitataif, Kuantitatif, dan Mixed. Terjemahan Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chiou, C. 2008. “The Effect of Concept Mapping on Students’ Learning Achievements and Interests”. Innovations in Education and Teaching International. 45. (4). 375–387.
Dahar, R. 1996. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
DePoter, B. et.al. 2005. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.
Dewi, P. et.al. 2015. “Pengaruh Metode Pembelajaran Peta Konsep Dan Metode Pembelajaran Resitasi Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa SMP Negeri 9 Purworejo Kelas VII Tahun Pelajaran 2013/2014”. Radiasi. 6. (1): 49-52.
Hamalik, O. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hanifah, R. et.al. 2015. ”Penggunaan Concept Map dan Mind Map untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Penguasaan Konsep”. Prosiding KPSDA. 1 (1): 244-250.
Hernawan, E. 2014. ”Pengantar Statistik Parametrik untuk Penelitian Pendidikan”. Tasikmalaya: LPPM Universitas Siliwangi Tasikmalaya.
Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jihad, A. et al. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Juliyastuti, I. et.al. 2014. “Penerapan Mind Map untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Alat Peredaran Darah pada Pembelajaran IPA”. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO). 2. (6).
Marjono, et.al. 2005. “Pengaruh Pemberian Peta Konsep Terhadap Prestasi Belajar Biologi Pokok Bahasan Sistem Penernaan Makanan Siswa Kelas II Semester Genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2002/2003”. Bioedukasi. 2. (1): 8-12.
Novak, J. 2005. The Theory Underlying Concept Maps and How To Construct Them. [Online]. Tersedia: http://web.stanford.edu/dept/SUSE/ projects/ireport/articles/concept_maps/The%20Theory%20Underlying%20Concept%20Maps.pdf. [25 Desember 2015].
Riandi. 2012. Media Pembelajaran Biologi. Bahan Ajar. Bandung: FPMIPA Jurusan Pendidikan Biologi.
Sadiman, A. et.al. 2009. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sagala, S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sriyati, S. 2008. Peta Konsep: Pengungkap Penguasaan Konsep. Artikel. Bandung: FPMIPA Jurusan Pendidikan Biologi.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi Pmbelajaran: Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Suratmi. et.al. 2013. ”Penggunaan Mind Map sebagai Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Konsep Sistem Reproduksi di SMPN 1 Anyar”. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung. 1 (1): 393-398.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syukur, F. 2008. Teknologi Pendidikan. Semarang: RaSAIL Media Group.
Thobroni, M. 2015. Belajar & Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Widodo, A. 2005. Taksonomi Tujuan Pembelajaran. Didaktis. 4(2): 61-69.
Yamin, M. 2008. Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta: Gaung Persada Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.