Pengembangan Aplikasi berbasis Android yang Terintegrasi dengan Website sebagai Media Pembelajaran Biologi
Abstract
This study aims to determine the characteristics of biology learning media by the teacher, the optimum condition of the android application media, and its attractiveness. Samples totaling 15 students of class XI IPA Persada Bandarlampung High School. Research used Research and Development design. Data collection techniques using questionnaire sheets. Data analysis using the attractiveness test of learning media. The results of the study, the characteristics of biology learning media in SMA XI IPA have low mobility. The media used by the teacher is ineffective because it is limited by certain rooms. Students expect more mobile media learning innovations that are not limited by space and time. Based on the validity and attractiveness test, the Android media learning media has good quality and is interesting to be used by students. The characteristics of the media are more mobile, provided that they are still using a smartphone and connected to the internet.
Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik media pembelajaran biologi oleh guru, kondisi optimum media aplikasi android, dan kemenarikannya. Sampel berjumlah 15 siswa kelas XI IPA SMA Persada Bandarlampung. Penelitian menggunakan desain Research and Development. Teknik pengambilan data menggunakan lembar kuisioner. Analisis data menggunakan uji kemenarikan media pembelajaran. Hasil penelitian, karakteristik media pembelajaran biologi pada SMA kelas XI IPA memiliki mobilitas rendah. Media yang digunakan guru tidak efektif karena terbatasi ruangan tertentu. Siswa mengharapkan inovasi media pembelajaran yang lebih mobile tidak terbatasi ruang dan waktu. Berdasarkan uji validitas dan kemenarikan, media pembelajaran aplikasi Android memiliki kualitas baik dan menarik untuk digunakan oleh siswa. Karakteristik media lebih mobile, dengan syarat masih menggunakan smartphonedan terkoneksi dengan internet.Kata kunci: aplikasi android, integrasi, karakteristik, kemenarikan
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2005. Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewantara, R. B. 2014. Pengembangan Animasi Flash dan Soal Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas XI Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Harahap, N. 2012. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.
Hasruddin., Harahap, H. S., dan E. Julia. 2015. Pengembangan Media Ajar Interaktif Biologi Berbasis Macromedia Flash pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia untuk Kelas XI SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Biologi. Universitas Sebelas Maret. (online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/7173/4952,diakses 22 Oktober 2018).
International Telecommunication Union. 2017. 2017 Global ICT Development Index. (Online), (http://www.itu.int/net4/ITU-D/idi/2017/, diakses 3 Maret 2018).
Jacob. 2006. Information and Communications Technology for Development. New Delhi: Elsevier.
Juraman, S. R. 2014. Pemanfaatan Smartphone Android Oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam Mengakses Informasi Edukatif. Jurnal Acta Diurna. 3 (1): 50-62.
Kadir, A. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.
Mahsunah, I. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Software Construct 2 Untuk Siswa Sma Kelas X Pada Materi Trigonometri. Yogyakarta: UNY.
Putiyani, D. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Program Construct 2 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa SMP Kelas 8. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Rachmat, A., dan A. Roswanto. 2006. Pengantar Multimedia. (Online), (http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/downIoad/multimedia.pdf, diakses 24 Oktober 2018).
Rahmayanti. 2015. Penggunaan Media IT Dalam Pembelajaran. (Online), (http://download.portalgaruda.org/article.title=PenggunaanMediaITDalamPembelajaran, diakses 5 Maret 2017).
Rusman., D. Kurniawan., dan C. Riyana. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Salim, A. 2016. Hubungan Tanggung Jawab dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi pada Kelas XI. IPA di SMAN 2 Lintau Buo. Skripsi. Batusangkar: IAIN Batusangkar.
Siswanto, B. 2011. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Subagyo, P. 2011. Metodologi Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: Aneka Cipta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wulan, K. 2013. Modul Multimedia CD Interaktif Sebagai Media Penyampai Materi Pembelajaran yang Efektif dan Aktraktif. Depok: Universitas Gunadarma.
Refbacks
Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.