Analisis Kendala Pendidik IPA Terhadap Pembelajaran IPA Terpadu
Abstract
This study aims to describe the constraints experienced by Science teachers in Private Middle School in Bandar Lampung in implementing Integrated Science learning. This study applied a qualitative research with research data that were closed questionnaires, semi-open questionnaires and interviews. The sample in this study consisted of all Science teachers in private schools which have already implemented the 2013 curriculum. The sampling technique was taken with total sampling technique. The results showed that the implementation of Integrated Science learning in the city of Bandar Lampung from three aspects of planning, implementation and learning assessment was classified under low constraints criteria. The main constraint in the planning aspect was the preparation of lesson plan, and the main constraint in the implementation aspect was the learning process on core activity indicators in the scientific approach and various learning methods on Integrated Science learning, while the constraints of the aspect of learning assessment included the assessment process in preparing assessment instruments.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala pendidik IPA di SMP Swasta Bandar Lampung dalam pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan data penelitian berupa angket tertutup, angket semi terbuka dan wawancara. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh pendidik IPA di sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu di Kotamadya Bandar Lampung dari tiga aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran, tergolong dalam kriteria kendala rendah. Kendala yang utama dalam aspek perencanaan adalah penyusunan RPP, kendala utama dalam aspek pelaksanaan pembelajaran pada indikator kegiatan inti dalam menerapkan pendekatan saintifik dan berbagai metode pembelajaran dalam proses pembelajaran IPA Terpadu dan aspek penilaian pembelajaran yaitu pada penilaian proses dalam menyusun instrumen penilaian.
Kata kunci : kendala, pembelajaran IPA Terpadu, pendidik IPA
Full Text:
PDFReferences
Barizi, A dan Muhammad I. 2009. Menjadi Guru Unggul. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Cahyono, K. 2017. Identifikasi Ke-sulitan Guru IPA dalam Merencanakan dan Melaksakan Asesmen. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Djamarah, S Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dwi, Y.L. 2015. Kendala Guru dalam Mengajar IPS di SMP Swasta pada Kecamatan Natar Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Bandar Lampung. Pendidikan Geografi Universitas Lampung.
Erinosho, S.Y. 2013. How Do Students Perceive the Difficulty of Physics in secondary School An Exploraty Study in Nigeria. International Journal for Cross Disciplinary Subjects in Education. 3 (3) : 1510-1515.
Hamalik, O. 2002. Psikologi Belajar Mengajar. Sinar Baru. Bandung: Algensindo.
Iskandar, Srini M. 2001. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: CV. Maulana.
Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Mahardika. A.E. 2013. Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Biologi dan Cara Pemecahannya dalam Pelaksanaan KTSP Bagi Guru Kelas X SMA di Kabupaten Sragen Skripsi. Semarang. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.
Masruroh. 2014. Pelaksanaan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri Muntilan, Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Yogyakarta Sunan Kalijaga.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rasmianti, I. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus VI Kecamatan Banjar. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (2) : 129-134
Silk, E.M., Schunn, C.D. dan Strand C.M., 2009.The impact of an Engineering Design Curriculum on Science Reasoning in an Urban Setting. Journal of Science Education and Technology. 18 (3): 209–223.
Sugandi, A. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES Press.
Suharno. 2014. Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity. 10 (1): 147-157. (Online):(http://ejournal.umm.ac.id/index.php/humanity/article/viewFile/2467/2672, diaksespadatanggal 10 febuari 2019. 10).
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Kesatuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Waybin, E. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran di SMK Negeri Jogjakarta. Skripsi. Jakarta Universitas Negeri Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.