Identifikasi Kendala Pendidik Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Di SMP Se-Kabupaten Pringsewu
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kendala pendidik dalam pembelajaran IPA terpadu SMP se-Kebupaten Pringsewu tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah pendidik yang dipilih dengan teknik purpose sampling. Desain penelitian adalah deskriptif. Data Kualitatif diperoleh dari penyebaran angket, wawancara pendidik dalam pembelajaran IPA terpadu dan latar belakang pendidikan pendidik. Hasil penelitian menunjukkan kendala pendidik IPA dalam merencanakan pembelajaran pada indikator mengembangkan kurikulum, bahan ajar, metode dan strategi pembelajaran tergolong rendah. Kendala dalam melaksanakan pemebelajaran pada indikator kegiatan pendahuluan, inti, penutup, dan tempat pembelajaran tergolong rendah. Kedala dalam penilaian pembelajaran pada indikator perencanaan dan pelaksanaan tergolong rendah. Kendala pada latar belakang pendidikan pendidik dalam pembelajaran IPA terpadu memiliki kriteria rendah. Jadi, kendala pendidik dalam merencanakan, melaksanakan, penilaian, dan latar belakang pendidikan pendidik dalam pembelajaran IPA terpadu memiliki kriteria rendah.
Kata kunci: IPA terpadu, kendala, pembelajaran, pendidik
Full Text:
PDFReferences
Abdul, I. S. 2014. Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Tek-nologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 20 (2): 200-210.
Ahmadi, A dan N. Uhbiyati. 2003 . Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rinerka Cipta.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasnunidah, N. 2017. Metodologi Pene-litian. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Ihsan, F. 2005. Dasar-dasar Kepen-didikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ismail, H. 2015. Identifikasi Hambatan Guru Pada Pelaksanaan Pembe-lajaran Tematik Di Sd N Won-sari Iv Gunung Kidul. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Kartono, K. 2009. Peran Keluarga Memandu Anak. Jakarta: Rajawali.
Kunandar. 2011. Guru Profesional implementasi Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum yang di sempurnakan. Bandung: PT Remaja.
Pudyastuti. 2010. Studi Peristiwa. Jakarta: Renika Cipta.
Rasmianti, P. 2015. Hambatan Guru Dalam Pembelajaran Ipa Di Smp Sederajat Kecamatan Rambah Samo. Rokan Hulu: Program study pendidikan Biologi.
Retnawati, H., S. Hadi., dan A.C. Nugraha. 2016. Vocational High School Teachers’ Difficulties in Implementing the Assessment in Curriculum 2013 in Yogyakarta Province of Indonesia. Inter-national Journal of Instruction Vol 9 (1): 33-48. Yogyakarta: Yogyakarta State University. Indonesia.
Ruhimat,T. 2011. Kurikulum dan Pembe-lajaran. Jakarta: PT Raja Gravindo.
Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Siswanto. 2011. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Subagyo, J. 2011. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono, A. 2011. Evaluasi Pedidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suharno. 2014. Implementasi Pembe-lajaran Berbasis Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pembe-lajaran Biologi di SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulung-agung. Jurnal Humanity., 10 (1): 147-157.
Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Pene-litian Pendidikan. Bandung: PT Remana Rosdakarya.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Wisudawati, A. W., dan Sulistyowati, E. 2015. Metedologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.