Identifikasi Kendala Pendidik Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Di SMP Se-Kabupaten Pringsewu

Apsah Gatin Lestari, Darlen Sikumbang, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This study aims to identify difficulties of science teachers of junior hight school at Pringsewu in the Academic Year of 2018/2019. The difficulties included the planning, implementing, assessment, and educational background of teacher. Thus, all science teachers of junior hight school that were selected by purpose sampling technique. This research design was descriptive. Qualitative data were obtained from  questionnaire and interviews  were analysis descriptively. The research result showed that the difficulties of science teachers in planning the learning were classified as low difficult to indicators develop curriculum, teaching materials, and learning methods and strategies. The difficulties in implementing the learning were indicators of preliminary, core, closing, and learning sites was low criteria. The difficulties in assessments the planning and  implementing assessments were indicators of was low criteria. The difficulties in education background teachers to indicators planning, implementing, and assessments was low criteria.  So, teachers difficulties in planning, implementing, assessments, and  teacher background education had low criteria.

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kendala  pendidik dalam pembelajaran IPA terpadu SMP se-Kebupaten Pringsewu tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah pendidik yang dipilih  dengan teknik purpose sampling. Desain penelitian adalah deskriptif. Data Kualitatif diperoleh dari penyebaran angket, wawancara pendidik dalam pembelajaran IPA terpadu dan latar belakang pendidikan pendidik. Hasil penelitian menunjukkan kendala pendidik  IPA dalam merencanakan pembelajaran pada indikator mengembangkan kurikulum, bahan ajar, metode dan strategi pembelajaran tergolong rendah. Kendala dalam melaksanakan pemebelajaran pada indikator kegiatan pendahuluan, inti, penutup, dan tempat pembelajaran tergolong rendah. Kedala dalam penilaian pembelajaran pada indikator perencanaan dan pelaksanaan tergolong rendah. Kendala pada latar belakang pendidikan pendidik dalam  pembelajaran IPA terpadu memiliki kriteria rendah. Jadi, kendala pendidik dalam merencanakan, melaksanakan, penilaian, dan latar belakang pendidikan pendidik dalam pembelajaran IPA terpadu memiliki kriteria rendah.

 

Kata kunci: IPA terpadu, kendala, pembelajaran, pendidik  




Full Text:

PDF

References


Abdul, I. S. 2014. Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Tek-nologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 20 (2): 200-210.

Ahmadi, A dan N. Uhbiyati. 2003 . Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rinerka Cipta.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasnunidah, N. 2017. Metodologi Pene-litian. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Ihsan, F. 2005. Dasar-dasar Kepen-didikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ismail, H. 2015. Identifikasi Hambatan Guru Pada Pelaksanaan Pembe-lajaran Tematik Di Sd N Won-sari Iv Gunung Kidul. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kartono, K. 2009. Peran Keluarga Memandu Anak. Jakarta: Rajawali.

Kunandar. 2011. Guru Profesional implementasi Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum yang di sempurnakan. Bandung: PT Remaja.

Pudyastuti. 2010. Studi Peristiwa. Jakarta: Renika Cipta.

Rasmianti, P. 2015. Hambatan Guru Dalam Pembelajaran Ipa Di Smp Sederajat Kecamatan Rambah Samo. Rokan Hulu: Program study pendidikan Biologi.

Retnawati, H., S. Hadi., dan A.C. Nugraha. 2016. Vocational High School Teachers’ Difficulties in Implementing the Assessment in Curriculum 2013 in Yogyakarta Province of Indonesia. Inter-national Journal of Instruction Vol 9 (1): 33-48. Yogyakarta: Yogyakarta State University. Indonesia.

Ruhimat,T. 2011. Kurikulum dan Pembe-lajaran. Jakarta: PT Raja Gravindo.

Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Siswanto. 2011. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Subagyo, J. 2011. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, A. 2011. Evaluasi Pedidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suharno. 2014. Implementasi Pembe-lajaran Berbasis Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pembe-lajaran Biologi di SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulung-agung. Jurnal Humanity., 10 (1): 147-157.

Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Pene-litian Pendidikan. Bandung: PT Remana Rosdakarya.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Wisudawati, A. W., dan Sulistyowati, E. 2015. Metedologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.