Analisis Keterlaksanaan Praktikum Biologi Sekolah Menengah Atas Swasta se-Kotamadya Bandar Lampung

Marhayati Setia Ningrum, Dewi Lengkana, Berti Yolida

Abstract


This study aims to describe the implementation stage biology of practicum activities in the Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta in kotamadya  Bandar Lampung. The research design uses an exploratory research design. The study population was all biology educators who carried out practical activities in the laboratory. Samples are 10 biology educators and 302 students who carry out laboratory activities in the Science/Biology laboratory. The sample was selected using purposive sampling technique. There are three stages laboratory, namely 1) the preparation stage, 2) the work stage, and 3) the follow-up stage. Implementation data obtained from questionnaires, interviews, and observations, which are then analyzed in the form of percentages. The results of the study showed that the implementation of the preparation stage of the practical activities was carried out well to very good. The working stage of practicum activities is carried out well to very good. The follow-up stage of practicum activities was carried out quite well to very good.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap  pelaksanaan kegiatan praktikum biologi SMA Swasta se-Kotamadya Bandar Lampung. Desain penelitian menggunakan desain riset ekploratori. Populasi penelitian adalah seluruh pendidik biologi yang melaksanakan kegiatan praktikum di laboratorium. Sampel adalah 10 pendidik biologi dan 302 peserta didik yang melaksanakan kegiatan praktikum di laboratorium IPA/Biologi . Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data  keterlaksanaan yang  diungkap ada tiga yaitu 1) tahap persiapan, 2) tahap kerja, dan 3) tahap tindak lanjut.   Data keter-laksanaan diperoleh dari angket, wawancara, dan observasi, yang selajutnya  dianalisis dalam bentuk persentase. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan tahap persiapan   kegiatan praktikum terlaksana dengan baik hingga sangat baik. Tahap kerja kegiatan praktikum terlaksana dengan baik hingga sangat baik. Tahap tindak lanjut kegiatan praktikum terlaksana dengan cukup baik hingga   sangat baik.

 

Kata kunci: analisis, pembelajaran biologi, tahap kegiatan  praktikum.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, B. 2012. Penerapan Praktikum dengan Model Pembelajaran STAD terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Ali, A. 2017. Analisis Pelaksanaan Praktikum Anatomi Fisiologi Tumbuhan Juru-san Pendidikan Biologi Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017. Jurnal Biotek.. 5 (1): 144-154.

Efriani, F. 2017. Analisis Pelaksanaan Kegiatan Prakti-kum pada Pembelajaran Bio-logi kelas XI IPA di SMA Negeri Kabupaten Muaro Jambi. Skripsi. Jambi: Universitas Negeri Jambi.

Erwin, P. 2018. Stategi Evaluasi Program Praktikum Fisika Dasar. Jurnal UPGRI. 9 (1): 12-20.

Gultom, I., Yuslim F. 2014. Persepsi Siswa Terhadap Kegiatan Praktikum Biologi Di SMA Negeri Pekan Baru. Jurnal Pendidikan. 8 (5): 1-12.

Gronlund, N. 1976. Measurment and Evaluation in Teaching. New York: Macmillan Publishing Co.

Gymitry, B. 2010. Penerapan Metode Praktikum pada Pembelajaran Fisika Topik Getaran dan Gelombang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Dididk SMP. Jurnal UPI. 1 (1): 32-44.

Hamidah, A., Eka N. Retni B. 2014. Persepsi Siswa Tentang Kegi-atan Praktikum Biologi di Laboratorium SMA Negeri se-Kota Jambi. Jurnal Sainmatika. 8 (1): 54-65.

Hasruddin dan Rezeqi S 2012. Analisis Pelaksanaan Prakti-kum dan Permasalahan-nya si SMA Negeri se-Kabupaten Karo. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED.9 No. 1: 17-32.

Jonathan, S. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mulyasa. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Resda-karya.

Nazila, N., Nervita dan Bony I. 2017. Analisis Pelaksanaan Praktikum Pada Pembelajaran Biologi Kelas X MAN Tanjung Pinang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Umroh. 1(1): 25-41.

Permendikbud. 2013. Nomor 23 Tahun 2013 Standar Pelayanan Minimal Tingkat SMP dan SMA. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendiknas. 2007. Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Standar Peroses Pendidikan tingkat SD/ SMP/SMA. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pertiwi, L. 2017. Analisis Praktikum dan Permasalahannya Materi Organisasi Kehidupan Kelas VII se-Kecamatan Sukarame . Jurnal Bioterdidik. 5 (6): 1-12.

Purnama, A. 2010. Modul Praktikum mengenai Neraca Pengukuran Ukuran Massa. Bandung: Balai Diklat Metereologi.

Rustaman. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Gravindo.

Siburian, F., Sinambela M., Septie. 2017. Analisis Pelaksanaan Praktikum pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas X SMA Negeri 16 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan. 5 (2): 021-031.

Sudirman. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sukmadinata. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran Kompeten. Bandung: Kesuma Karya.

Dharma, S. 2007. Penulis Modul. Jakrata: Direktorat tenaga Kependidikan.

Syaodih, N., Nuryani R, Taufik R dan Poedjiadi. 2003. Program Pembelajaran Praktikum Berbasis Ke-mampuan Generik (P3BKG) dan Profil Pencapaiannya. Jurnal Pendidikan dan Budaya Educare. 4 (1): 1-9.

Widodo, A dan Vidia 2006. Analisis Kegiatan Praktikum Biologi di SMP dengan Menggunakan Video. Jurnal UPI Metalogika. 9 (2): 56-62.

Widoyoko, E. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wisudawati, A dan Eka S. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.