Penggunaan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi

Almira Aspridanel, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


This research aim to determine the use of PBL models in increasing collaboration skills and high order thingking of student. The design used was nonequivalent pretest-posttest control group design. The population of research were all students of Senior High School an X grade Bandar Lampung. The research samples were students of X MIA 5 as eksperimental group and X MIA 6 as control group that were selected through purposive sampling technique. Data of collaboration skills were obtained from the observation assessment analyzed by the descriptive qualitatively while high order thinking skills obtained from the pretest-postest analyzed by the Independent Sample t-Test. Student collaboration and high order thinking skills in the experimental class was higher than the control class and significantly different. Therefore, it can be concluded that PBL models has high effect size in increasing collaboration skills and high order thinking of students.


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan penggunaan model PBL dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X  SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIA 6 sebagai kelompok kontrol yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data keterampilan kolaborasi diperoleh dari  lembar penilaian observasi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan data keterampilan berpikir tingkat tinggi diperoleh dari pretest-postest dianalisis menggunakan uji Independent Sample t-Test. Keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan berbeda siginifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang dibuktikan dengan tingginya hasil uji effect size.


Kata kunci: berpikir tingkat tinggi, kolaborasi, Problem Based Learning



| Abstract views: 681 | PDF views: 414

Full Text:

PDF

References


Amir. M. T. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik memberdayakan Pembelajaran di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Apriono, D. 2009. Implementasi Colla-borative Learning dalam Meningkatkan Pemikiran Kritis Maha peserta didik. Jurnal Prospektus UNIROW Tuban. 7 (1): 13-20.

Depdiknas. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Duch, B. J., Allen, D. E. dan White, H. B. 2002. Problem Based Learning Preparing Students to Succeed in the 21 Century. (Online), (http://www. pondnetwork.org.), diakses pada 16 Maret 2018 pukul 17.34 WIB.

Hanoum, R.N. 2014. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Melalui Media Sosial. Edutech. 1 (3): 400-408.

Hake, R. R. 2005. Analyzing Change/-Gain Scores. (Online), (www.-physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf), diakses pada 19 Desember 2017)

Kardi, S dan Nur, M. 2000. Pengajaran Langsung. UNESA: Program Pascasarjana University Press.

Kemendikbud. 2013 . Permendikbud No. 81A tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lai, E. R., DiCerbo, K. E., dan Foltz, P. 2017. Skills for Today: What We Know about Teaching and Asses-sing Collaboration. (Online), (https://www.pearson.com/.../Collaboration-White Paper_FIN), di-akses pada 18 Januari 2018).

Lewy., Z., dan Aisyah, N. 2009. Pengembangan Soal Untuk Mengukur Ke-mampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pen-didikan Matematika. 3 (2): 4-6.

Luciana, D. 2016. Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis HOTS Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. (online) (http;//journal.uny. ac.id /index.php/jpms, diakses pada 20 Maret 2018 pukul 10.01 WIB).

McParland, M., Noble, L. M., & Luvingston, G. 2004 The Effec-tiveness of Problem Based Learning Compared to Traditional Teaching in Undergraduate Pshychiatry. Blackwell Publishing. 2 (38): 859-867.

Pantiwati, Y. 2013. Hakekat Asesmen Autentik dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Biologi. (Online),(https://media.neliti.com/media/publicatio ns/77243-ID-hakekat-ases-men-autentik-dan-penerapan-nya.pdf), diakses pada 26 Februari 2018, Pukul 16.32 WIB.

Permanasari, V. 2013. Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Open Ended terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Peserta didik pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Kreativitas Belajar Matematika Peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi. 1(1): 1-7.

Prichard, J. S., Stratford, R. J., dan Bizo, L. A. 2006. Team-Skills Training Enhances Collaborative Learning. Learning and Instruction. 16 (3): 256–265.

Sani, R, A. 2015. Pembelajarnan Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Ak-sara.

Saputri, R. P.. 2017. Pengaruh Model PBL Terhadap Hasil Belajar Tematik Pada Peserta didik Kelas V di Sekolag Dasar Negeri 2 Labuhan Ratu Bandar Lampung. (Online), (digilib.unila.ac.id/26954 /2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf), diakses pada 23 Februari 2018 pukul 11.01 WIB.

Suryani, N. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa (Online), (https://journal .uny.acid. article.pdf diakses pada 23 Februari 2018 pukul 15.44 WIB).

Susanto, A. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS. Jakarta: Prenada media Group.

Trilling, B., dan Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. John Wiley & Sons .San Francisco, CA. (Online), (https-://yasamboyuogrenme.wikispaces.com/file/view/21st+CENTURY+SKILLS.pdf, diakses pada 26 Feb-ruari 2018, pukul 11.09 WIB).

Vasminingtyas, D., Sajidan, S., Fatmawati, U. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Memanfaatkan Potensi Lokal untuk Meningkatkan Aspek Problem Solving pada High Order Thingking Skills. (Online),index.php/pdg/article/view/5475, diakses pada tanggal 25 November 2018, pukul 09.11 WIB).

Widoyoko, E, P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.