Pengaruh Discovery Learning Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 14 Bandar Lampung
Abstract
This research aim was to determine the effect of Discovery Learning on metacognition skills and student learning outcomes. The design used was a nonequivalent pretest-posttest control group design. The research samples were the students of VIIB and VIIC amounted of 60 students that were selected through cluster random sampling technique. Data on metacognition skills were obtained from questionnaires and learning outcome data (cognitive aspects) using pretest and posttest. Questionnaires of metacognition skills were analyzed descriptively while learning outcomes were analyzed by Independent Sample t-Test at 5% confidence level. The results showed that metacognition skills both in the planning, monitoring, and evaluation stages of the experiment class different significantly from the control class. The average N-gain in experiment class was 0,66 while in control class was 0,36. So it can be concluded that Discovery Learning has an effect on increasing metacognition skills and learning outcomes of students.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh Discovery Learning terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIIB dan VIIC yang berjumlah 60 dan dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data keterampilan metakognisi diperoleh mengunakan angket dan data hasil belajar (aspek kognitif) menggunakan nilai pretest dan posttest. Angket keterampilan metakognisi dianalisis secara deskriptif sedangkan hasil belajar dianalisis dengan uji Independent Sample t-Test pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan metakognisi baik tahap perencanaan, pemantauan maupun evaluasi pada kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil belajar kognitif kelas ekperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,66 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,36. Jadi dapat disimpulkan bahwa Discovery Learning berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan metakognisi dan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Discovery Learning, hasil belajar, keterampilan metakognisi
Full Text:
PDFReferences
Andriani, D. 2017. Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Pengasaan Konsep Peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 6 (2): 308-320.
Bahri, S dan Aswan, Z. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Delvecchio. 2011. Student’s Use Metacognitive Skills While Problem Solving In School Chemistry. Canada: Queen’s University.
Fatihatul, U. D., dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Biologi. 7: (2). 69.
Hake, R. R. 2005. Analyzing Change/Gain Scores. (Online), (www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf), diakses pada 18 Oktober 2017.
Haryani, S. 2013. Membangun Metakognisi dan Karakter Calon Guru Melalui Pembelajaran Praktikum Kimia Analitik Berbasis Masalah. Semarang: Unnes Press.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Illahi, M. T. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocatioal Skill. Yogyakarta: DIVA Press.
Imel, S. 2002. Metacognition Background Brief from the QLRC News Summer 2004. (Online), (http://www.cete.org/acve/docs/tia.0017.pdf), diakses pada 28 September 2018.
Iskandar, S. M. 2014. Pendekatan Ketrampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains di Kelas. ERUDIO. 2(2): 14.
Kurniasih, I dan Berlin, S. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.
Livingston, J. A. 1997. Metacognition and Overview. (Online), (http://www.academia.edu/195720/Metakognisi_Livingstone_Terjemahan), diakses tanggal 28 September 2018.
Melani, R, Harlita dan Bowo, S. 2012. Pengaruh Metode Guide Discovery Learning Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Peserta didik SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi UNS. 4 (1): 97-105.
Putri, N. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran (PBL dan RT) terhadap Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Biologi, dan Retensi Siswa Berkemampuan Akademik Rendah Kelas X pada SMA yang Berbeda. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sarnapi. 2016. Peringkat Pendidikan Indonesia Masih Rendah. (Online), (http://www.pikiran-rakyat.com/ pe ndidikan/2016/06/18/peringkat-pen didikan-indonesia-masih-rendah-37 2187), diakses pada 18 Oktober 2017.
Simamora, Y. 2010. Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Medan: Program Pascasarjana UNIMED.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Suratno. 2010. Potensi Jigsaw IV Sebagai Strategi Pembelajaran Biologi yang Memberdayakan Keterampilan Metakognisi pada Kemampuan Akademik Berbeda. Prosiding Seminar Biologi FKIP UNS 2010. 7 (1): 82-87.
Suratno. 2011. Kemampuan Metakognisi dengan Metacognitive Awareness Inventory (MAI) pada Pembelajaran Biologi SMA dengan Strategi Jigsaw, Reciprocal Teaching (RT), dan Gabungan Jigsaw-RT. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 18(1): 11-18.
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Thohari, K. 2010. Peningkatan Kemampuan Problem Solving melalui Peningkatan Kemampuan Metakognisi. (Online) (http://karinakiki.files.wordpress.com/2012/06/metakognisi.pdf), diakses pada tanggal 2 Juli 2018.
Widiadnyana I. W., Sadia I. W., dan Suastra I. W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Peserta didik SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. 4(2): 1-13.
Windasari, C. 2016. Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Di Mas Babun Najah Banda Aceh. Jurnal Biotik. 4 (1): 66-74.
Woolfolk, A. 2008. Educational Psychology, Active Learning Edition. Boston: Pearson Education Inc.
Yatim, R. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan: Suatu Tinjauan Dasar. Surabaya: SIC.
Yunanti, E. 2016. Hubungan Antara Kemampuan Metakognitif dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Kelas IX MTs Negeri Metro Tahun Pelajaran 2013-2014. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro. 7 (2): 81-82.
Yuwono, C. S. M. 2014. Peningkatan Keterampilan Metakognisi Peserta didik dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw-Modifikasi. Jurnal Santiaji Pendidikan. 4 (1): 3.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.