Efektivitas Penerapan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Pada Peserta Didik Kelas IV

Ayu Rahmawati, Berti Yolida, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This study aims to describe the effectiveness of used of local wisdom-based teaching materials to increase the activity and learning outcomes of fourth grade students on Theme 3 "Care for Living Beings". The sample in this study were twenty one IV grade students in SDN 1 Lintik, Krui Selatan Subdistrict, Pesisir Barat Regency. Sampling was done using by total sampling technique.The research instrument uses pretest-posttest sheets, activity observation sheets and student response questionnaires.The research design used in this study was one group pretest-posttest design. The research data was analyzed descriptively. The results showed the average percentage of overall activity was 70.6 including the medium kriteria with an average of n-Gain of 0.71 included in the good kriteria. It can be concluded that teaching materials based on local wisdom have proven effective to increased activities and learning outcomes of students.


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didikpada Tema 3 “Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. Sampel dalam penelitian ini adalah 21 peserta didik kelas IV SDN 1Lintik Kecamatan Krui Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Pengambilan sampelmenggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar pretes-postes, lembar observasi aktivitas dan angket tanggapan peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata aktivitas secara keseluruhan sebesar 70,6 termasuk kriteria sedang dengan rata-rata n-Gain sebesar 0,71 termasuk dalam kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal terbukti efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci: aktivitas peserta didik, bahan ajar berbasis kearifan lokal, hasil belajar, peduli terhadap makhluk hidup

Full Text:

PDF

References


Ardiningrum, N. 2011. “Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui pembelajaran aktif LSQ (Learning Start with a Question) pada peserta didik kelas IV SDN Pakah 1 Tahun ajaran 2010/2011”. Skripsi. Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arsyad, A. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriyani, D. 2015. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains Potensi Lokal Tahu Sumedang Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta didik Pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMAN Jatinunggal”. Skripsi. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Laksana, D.N. L. dan Wawe, F. 2015. Penggunaan Media Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2(1). Hal. 36.

Nasution, N. 2015. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Ridwan, A. 2007. Landasan Keilmuan Kearifan Lokal. Purwokerto: STAIN.

Sardiman, A. M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Siswoyo, D., Sulistyono, T., dan Dardiri, A. 2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Yuniar, L. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran. Yogyakarta: UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.