Pengaruh Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry Terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa

Ninda Ningtyas, Neni Hasnunidah, Darlen Sikumbang

Abstract


This study aims to determine the significance of the influence of the use of Argument-Driven Inquiry (ADI) learning models, students' academic abilities, and the interaction between learning models and academic abilities towards student argumentation skills. The study population was all eighth grade students of SMP Negeri 13 Bandar Lampung. The research sample was students of class VIII.4 and VIII.5 who were selected from the population using cluster random sampling technique. The instrument used is a test of argumentation skills in the material of the digestive system in humans. Data were analyzed statistically by Ankova test and the Smallest Significant Difference test (BNT). The results showed that the ADI learning model had a significant effect on argumentation skills with a significance value of 0,000. While academic ability and interaction between the ADI model and academic ability did not have a significant effect on argumentation skills (0,314 and 0,572)

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI), kemampuan akademik siswa, dan interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan argumentasi siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.4 dan VIII.5 yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan argumentasi pada materi sistem pencernaan pada manusia. Data dianalisis secara statistik dengan uji Ankova dan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ADI berpengaruh signifikan terhadap keterampilan argumentasi dengan nilai signifikansi 0,000. Sedangkan kemampuan akademik dan interaksi antara model ADI dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh signifikan terhadap keterampilan argumentasi (0,314; dan 0,572).

 

Kata kunci: argument-driven inquiry, keterampilan argumentasi, kemampuan akademik.

 


Full Text:

PDF

References


Bricker, L. A., & Bell, P. 2008. Terjemahan Conceptualizations of Argumentation from Science Studies and The Learning Sciences and Their Implications for the Practices of Science Education. Bekasi: Kencana Pranada Group.

Demircioglu, T., & Ucar, S. 2015. Investigating the Effect of Argument-Driven Inquiry in Laboratory Instruction. Educational Sciences: Theory and Practice. 15(1): 267-283.

Hamalik, O. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Karmana, I. W. 2011. Strategi Pembelajaran, Kemampuan Akademik, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Ilmu Pendidikan Mataram. 17(5): 378-386.

Marhamah, Ofi. S., Ilah, N., & Ina, S. 2017. Penerapan Model Argument-Driven Inquiry (ADI) dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Ciawigebang. Jurnal Pengajaran MIPA. 9(2): 46-54.

Muhlisin, A. 2016. Improving Critical Thinking Skills of College Students Through RMS Model for Learning Basic Concepts in Science. Asia Pasific Forum on Science Learning and Teaching. 17 (1): 1-20.

Nurmaliah, C. 2009. Analisis Keterampilan Metakognisi Siswa SMP Negeri di Kota Malang Berdasarkan Kemampuan Awal, Tingkat Kelas, dan Jenis Kelamin. Jurnal Biologi Edukasi. 1(2): 18-21.

Nurrahman, A. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran ADI dalam Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Siswa Berdasarkan Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Bandar Lampung. 7(2): 1-13.

Osborne, J., Erduran, S., & Simon, S. 2004. Enhancing The Quality of Argumentation in School Science. Journal of Research in Science Teaching. 41(10): 994 – 1020.

Purwanto, N. 2008. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Prayitno. 2010. Potensi Pembelajaran Kooperatif Dalam Memberdayakan Prestasi Belajar Siswa Under Achievment (Upaya Mensejajarkan Prestasi Belajar Siswa Akademik Bawah Dengan Siswa Akademik Atas). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sampson & Gleim. 2009. Argument-Driven Inquiry To Promote the Understanding of Important Concepts and Practices in Biology. The American Biology Teacher. 71(8).

Sampson, V., Grooms, J & Walker, J. P. 2010. Argument-Driven Inquiry as a Way to Help Students Learn How to Participate in Scientific Argumentation and Craft written Arguments: An Exploratory Study. Science Education. 95(2): 217-257.

Warouw, Z. W. M. 2009. Pengaruh Pembelajaran Metakognitif (M) dalam Strategi Cooperative Script dan Reciprocal Teaching pada Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Kemampuan dan Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kritis, Hasil Belajar Biologi Siswa, serta Retensinya di SMP Negeri Manado. Skripsi. Manado. FMIPA.

Wulaningsih. 2012. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar pada Kompetensi Mengelola Kartu Aktiva Tetap Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah Cawas Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Akuntansi FE UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.