Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

PENGARUH PEMBERIAN REMEDIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI

Dian Diana Putra, Arwin Achmad, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


Based on interviews with biology teacher in class X SMA Negeri 14 Bandar Lampung, note that follow-up the teacher to students who scored below just by giving repeated without remedial teaching. This study aimed to determine the effect of the remedial learning toward student outcomes in Biodiversity matter. The design was one-group pretest-posttest. The sample were X3, X4, and X5 class based on the students who did not complete, that is at least, medium and most. This research data in the form of qualitative data was description of the diagnostic analysis and quantitative data obtained from the average value of daily tests and remedial replications. The results showed an increase in the average value of remedial students as replications higher than the average value of daily tests before remedial teaching for example on remedial class increased from 46 to 74 after remedial replications. So it can be conclude that the provision of remedial effect on improving student learning outcomes.

 

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi di kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung, diketahui bahwa tindak lanjut yang diberikan hanya dengan memberikan remedial tanpa pengajaran remedial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian remedial terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Keanekaragaman Hayati. Desain penelitian ini one group  pretest-postest. Sampel adalah kelas X3, X4, dan X5 berdasarkan jumlah siswa yang tidak tuntas. Data penelitian ini berupa data kualitatif deskripsi analisis diagnostik kesulitan belajar siswa dan data kuantitatif dari rata-rata nilai ulangan harian dan ulangan remedial. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata siswa saat ulangan remedial pada ketiga kelas eksperimen, sebagai contoh pada remedial 1 dari nilai ulangan harian sebesar 46 menjadi 74 setelah ulangan remedial. Sehingga dapat dinyatakan bahwa pemberian remedial berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: hasil belajar siswa, keanekaragaman hayati, pembelajaran remedial.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. H. dan Supriyono, W. 2006. Psikologi Belajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Chrisnayanti, W. 2002. Pengaruh Program Remedial terhadap Ketuntasan Belajar Siswa. http://www.bpkpenabur.or.id. Akses (8 November 2012): 20.03 WIB.

Hidayat, Y. R. 2011. Pengaruh Pengajaran Remedial Terhadap Peningkatan Ketuntasan Belajar Siswa (skripsi). http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skrip. UPI. Bandung. Akses (30 Januari 2013): 12.07 WIB.

Majid, A. 2007. Perencanaan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sudrajat, A. 2008. Pembelajaran Remedial. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/08/13/ pembelajaran-remedial-dalam-ktsp/ (8 November 2012): 21.45 WIB.

Suharwanto. 2006. Efektifitas Pembelajaran Remedial dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Diklat SMK pada Mata Diklat Pengetahuan Dasar Teknik Mesin. (Skripsi): UPI (tidak diterbitkan). Bandung.

Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.