PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI SISWA

Septi Astari, Tri Jalmo, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


The results of interviews and observation at X grades of SMA Negeri 2 Metro, showed that the student’s learning activities and material mastery is low. This study aimed to determine the effect of GI models in increase student’s learning activities and material mastery. The design is equivalent control group. The sample were class X5 and X7 which selected by purposive sampling. The data in quantitative and qualitative form. Quantitative data obtained from the average of pretest, posttest and N-gain were analyzed using t-test or U test. Qualitative data in descriptions of students' learning activities form. The results showed that the GI models can improve student material mastery with average score of pretest (39.33), posttest (78.08), and gain (0,63). Learning activity also increased by an average of 53.85% with enough criteria. Thus, GI models significantly affect student’s learning activity and mastery of biodiversity subject matter.

 

Hasil wawancara dengan guru biologi dan observasi di kelas X SMA Negeri 2 Metro, diketahui bahwa aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model GI terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa. Desain penelitian adalah kelompok kontrol ekivalen. Sampel penelitian adalah kelas X5 dan X7 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, postest dan gain yang dianalisis menggunakan uji-t atau uji U.  Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model GI dapat meningkatkan penguasaan materi siswa dengan rata-rata nilai pretest (39,33); postest (78,08); dan gain (0,63). Aktivitas belajar juga mengalami peningkatan dengan rata-rata berkriteria cukup yaitu 53,85%. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model GI berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa pada materi keanekaragaman hayati.

 

Kata kunci :  aktivitas belajar siswa, keanekaragaman hayati, model GI, penguasaan materi siswa.


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. [Online] http://www.google. co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=9&cad=rja&sqi=2&ved=0CEsQFjAI&url=http%3A%2F%2Fbsnp-indonesia.org%2Fid%2Fwp-content%2 Fuploads%2Fkompetensi%2FPanduan_Umum_KTSP.pdf. diakses pada Jumat, 9 November 2012, 21:13.

Dewi, I. 2011. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Sub Materi Vertebrat. [Skripsi]. Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Lianasari, A. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pembelajaran Keanekaragaman Hayati. [Skripsi]. Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Ruseffendi. 1994. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Semarang : IKIP Semarang Press.

Santoso, E. 2011. Model Pembelajaran Group Investigation. [Online] http://ras-eko.blogspot.com/2011/05/model-pembelajaran-group-investigation.html. Diakses pada 8 Februari 2013, 20:15.

Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sari, Z. 2010. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar (Kognitif, Afektif dan Psikomotor) Fisika Siswa dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas X2 SMA Negeri 3 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010. [Skripsi]. Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Sharan, S. 1990. Group Investigation Expands Cooperative Learning. [Online] http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source= web&cd=1&cad=rja&ved=0CCwQFjAA&url=http%3A%2F%2F12.4.125.3%2FASCD%2Fpdf%2Fjournals%2Fed_lead%2Fel_198912_sharan.pdf&e= j-G5ULyjG5HtrQeY2oHoCw&usg=AFQjCNGVbet0AKpOaQo1VvYQZz qiEnfeXw. Diakses pada Sabtu, 01 Desember 2012, 18:11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.