Kesulitan Guru IPA SMP Kelas VIII Dalam Merencanakan dan Melaksanakan Asesmen

Ridha Pangastuti, Rini Rita T. Marpaung, Berti Yolida

Abstract


This study was to identify the difficulties of 8th grade science teachers in Gedong Tataan, Pesawaran in the academic year of 2016/2017 in planning and implementing assessment for their students.Thus, all of 8th grade science teachers were selected by saturated sampling technique. This research design was descriptive. The data were from the questionnaire and interviews that were analyzed descriptively. The results showed that the average of difficulty experienced by teachers in planning and implementing the assessment was sufficient. The highest percentage that causes the teacher to have difficulty in assessment planning was determine learning goals according to Basic Competence. While the highest percentage that causes the teacher to have difficulty in implementing the assessment was the implementation of the affective domain assessment,especially in observing the affective aspect and conditioned the implementation of the assessment.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan guru IPA kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran Tahun ajaran 2016/2017 dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen. Sampel penelitian adalah seluruh guru IPA kelas VIII yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Desain penelitian adalah desain deskriptif. Data diperoleh dari hasil angket dan wawancara pada guru yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kesulitan yang dialami guru dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen tergolong cukup, persentase tertinggi yang menyebabkan guru cukup kesulitan dalam merencanakan asesmen adalah menetapkan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan KD. Sementara persentase tertinggi yang menyebabkan guru cukup kesulitan dalam melaksanakan asesmen adalah dalam pelaksanaan asesmen ranah afektif, terutama dalam mengamati aspek sikap dan mengkondisikan pelaksanaan asesmen.

Kata kunci: asesmen, guru IPA, kesulitan, melaksanakan, merencanakan


Full Text:

PDF

References


Anderson dan Krathwohl. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksononi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Asarina, R. 2014. Studi Eksplorasi Kendala-Kendala Guru dalam Pembelajaran IPS di SMP Wilayah Kecamatan Moyudan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ayurianti,S. 2015. Hambatan Guru dalam Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian Pembelajaran Kompetensi Keahlian Multimedia Pada Penerapan Kurikulum 2013 di SMK se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: UNY.

BSNP, 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidkan Nasional.

Dewantari, P.M. 2015. Identifikasi Kesulitan Guru IPA dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Wonogiri Tahun Pelajaran 2014/2015. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Indrawan,S. 2014. Implementasi Standar Proses Kurikulum 2013 di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sedayu. Yogyakarta: UNY.

Kemendikbud. 2015. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015-2019. Jakarta. Kemendikbud.

Kemendikbud. 2015. Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud.2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud.2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Kunandar. 2011. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Kusaeri dan Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lumadi, M.W. 2013. Challenges Besetting Teachers in Classroom Assessment: An Exploratory Perspective, 34(3): 211-221.

Maghfiroh, U. 2015. Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Mata Pelajaran PPKN Kelas VII SMP Negeri 1 Lasemdan SMP Negeri 1 Sedan Berdasarkan Kurikulum 2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Metin, M. 2013.Teachers Difficulties in Preparation and Implementation of Performance Task, 13(3): 1664-1673.

Retnawati, H., S. Hadi., dan A.C. Nugraha. 2016. Vocational High School Teachers Difficulties in Implementing the Assessment in Curriculum 2013 in Yogyakarta Province of Indonesia, 9(1):33-48.

Rosalina, S. 2014. Kemampuan Guru Mata Pelajaran IPA dalam Pembuatan Soal Ulangan Di SMP Negeri 5 Purwodadi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sangadji, E. dan Sopiah.2010. Metode Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Soendari, T. 2009. Asesmen Penyusunan Program Intervensi Anak Ber-kebutuhan Khusus. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Susena, Triwahyuningsih, Supriyadi, dan Arief. 2015. Kesulitan-kesulitan Guru dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pem-belajaran (RPP) Mata Pelajaran Pendidkan Kewarganegaraan (PKN) Kurikulum 2013 di SMP se-Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Tukirno. 2012. Kesulitan-Kesulitan dalam Pelaksanaan Pem-belajaran Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Bidang Seni Rupa Di Kelas V SDN Arjosari 01 Kecamatan Blimbing Tahun Ajaran 2011-2012. Malang: Universitas Negeri Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.