IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR BERDASARKAN GENDER DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR IPA

Nadia Ulfah Ulfah, Tri Jalmo, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This study aim wereto find out the types of learning styles of students, to know the different learning styles between the gender, and to know the relationship between learning styles based on gender and learning outcomes. This study was a descriptive study with a sample of students SMP in Kedaton District Bandar Lampung amounted to 100 students selected by purposive sampling. Research data were of learning styles and learning outcomes, obtained from questionnaires and written tests plural choice, analyzed that were descriptively and test different Mann-Whitney U Kendall's Tau Correlation test. The result was three Learning style.The number of student whit visual learning style is more dominant than the auditorial learning style and kinesthetic. Learning styles based on gender there is no significantly different. There was no significant correlation between learning styles and learning outcomes in male and female students.


Keywords:gender, learning achievement, learning style,science


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis gaya belajar siswa, mengetahui perbedaan gaya belajar antar Gender, dan hubungan gaya belajar berdasarkan gender dengan hasil belajar. Penelitian ini merupakan kajian deskriptif dengan sampel siswa SMP kelas VII se-Kecamatan Kedaton Bandar Lampung berjumlah 100 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa gaya belajar dan hasil belajar, diperoleh dari angket dan tes tertulis pilihan jamak, dianalisis secara deskriptif dan uji beda Mann- Whitney U serta uji Korelasi Kendalls Tau. Hasilnya,terdapat tiga gaya belajar,jumlah siswadengan gaya belajar visual lebih dominan dibandingkan dengan gaya belajar auditorial dan kinestetik terhadap hasil belajar. Pada uji Mann-whitney U tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Tidak terdapat korelasi yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar pada siswa laki-laki dan perempuan.

Kata kunci: gaya belajar, gender, hasil belajar, IPA



Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2013. Prinsip-prinsip Teknik EvaluasiPengajaran. (Online), (http:// eprints. walisongo.ac.id/453/2/083811037_Bab3.pdf, diakses 13 Maret 2016, 20:20 WIB).

Asmani. 2012. Pembelajaran Mendengarkan.(Online),(http://stainpamekasan.ac.id, diakses 3 Januari 2017, 13:17 WIB).

Chatib, M. 2012. Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Cetakan XV. Kaifa PT. Mizan pustaka. Bandung. (jurnal.untan.ac.id, diakses 03 Oktober 2015, 06.30 WIB).

Cholisoh, L. 2014. Pengaruh Pembelajaran IPA Terpadu Menggunakan Strategi Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE) dan Small Group Discussion (SGD) Serta Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri.Skripsi.

Iswadi, H. 2015. Sekelumit dari hasil PISA 2015. Universitas Surabaya,http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/230/Sekelumit-Dari-Hasil-PISA-2015-Yang-Baru-Dirilis.html. Diakses 07 Desember 2015.

Margono. S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Markovic, S. dan Jovanovic, N. 2012 Learning Style as a Factor Which Affects the Quality Course, Southern Economic Jurnal, 77 (1): 224239. (Online),(http://akademik.Uhn.ac.id/portal/public_html/JurnalSuluhPendidikan/01(1)September2014/04%20Dearlina.pdf, diakses 28 November 2016, 12:15 WIB).

Mohamad, J. 2011. Learning Styles and Overall Academic Achie-vement in a Specific Edu-cational System. International Elektronic. Journal Education. 1(10): 255-265. (Online), (http://journaleducation.ac.id, diakses 22 Desember 2016, 13:05 WIB).

Mulyati. 2015. Identifikasi Gaya Belajar Siswa Kelas V Sd Se-Gugus 3 Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Yogyakarta.

Muthoharoh, U,. Budiyono,. dan Puji, N. 2013. Hubungan Gender Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP.Purworejo. Universitas muhamadiah purworejo.

Nasution, S. 2003. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.

Ormrod, J., E. (2008) Psikologi Pendidikan Jilid I.Jakarta: Penerbit Erlangga

Purwanto, N. 2013. Prinsip-prinsip Teknik Evaluasi Pengajaran. (Online),(http://eprints.walisongo.ac.id/453/2/0838114005_Bab3.pdf, diakses 13 Maret 2016, 20.:20 WIB).

Rahmawati, Y dan Kurniati, E. 2010.Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Remiswal. 2013. Menggugah partisipan gender dengan lingkungan komunitas local. Yogyakarta.Graham ilmu.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian. Bandung.Alfabet.

Santrock, John W. 2011. Psikologi Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta. 699 hml. (Online), (http://.jhse. ua.es, diakses 31 Maret 2016, 20:10 WIB).

Sarnapi. 2016. Peringkat Pendidikan Indonesia Masih Rendah. Bandung. (Online), (http://www. Pikiran rakyat. com/pendidikan/2016/06/18/peringkat pendidikan indonesia masih rendah 372187. Diakses18 Juni 2016.

Siberman, M., L. 2014. Active Learning; 101 cara Belajar Siswa Aktif. Nuansa Cendekia. Bandung . di unduh pada tanggal 17 Maret 2015, pukul 19:20. (Online),(http://academi cjournals.org, diakses 24 Desember 2016, 13:08 WIB).

Steinbach, R. 2002. Succesfull Lifelong Learning, terj. Kumala Insiwi Suryo, Jakarta: Victory Jaya Abadi.

Suan, E.B. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi yang Prestasi Belajar Siswa SMP pada Panti Asuhan di Kota Kupang pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. Tesis. Program Pascasarjana Undana.

Sugihartono, at.al.2007. Psikologi Pendidikan.Yogyakarta. UNYPress.

Sugiyono.2014.Metode Penelitian Kuantitatif ,Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sukadi. 2010. Gaya Belajar. (Online),(http://repository. uksw.edu/bitstream/123456789/3628/3/t1_202009061_bab%20II.pdf, diakses 21 November 2016, 13:05 WIB)

Sukmadinata, S., N. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Supriyono. 2004. Gaya Belajar Visual. (Online),(http:// www.kompasiana.com/joko_supriono/gayabelajar_552ffcbb6ea834e67c8b45b7, diakses 12 November 2016, 15:05 WIB).

Suyanto, M.E. 2012. Pengaruh penggunaan variasi media dalam pembelajaran Inkuiri dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X SMA. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang. (Online), (http://stainpame-kasan.ac.id, diakses 3 Oktober 2015, 06:17 WIB).

Slavin, E., R. 2006. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik).Bandung. Nusa Media.

Syah, M. 2001, Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Tawil dan liliasari. 2014. Prestasi Belajar. (Online), (http://www. academia. edu/9858450/BabI Pendahuluan_A._Latar_Belakang_Penelitian, diakses 7 April 2016, 17:05 WIB).

Unaifah. 2014. Hubungan gaya belajar dan hasil belajar. (On-line), (http:// repository. Uinjkt.ac.id /dspace/ bitstream/123456789/1790/1/hanny%20ishtifa-fps.pdf, diakses 25 Desember 2016, 08:20 WIB).

Uno, H., B. 2006. Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.

Uno, H., B. 2008. Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.

Wahab, A., S. 2012. Analisis kebijaksanaan dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Bumi Aksara. Jakarta. (eprints. uny.ac.id, diakses 27 Januari 2016, 10.15 WIB).

Yahya, A, dkk. 2003. Hubungan Gaya Pembelajaran dengan Pencapaian Akademik Pelajar di Tingkatan Empat Sekolah Menengah Teknik Negeri Sembilan. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Memperkasakan Sistem Pendidikan, Fakultas Pengurusan Perniagaan, Universitas Teknologi Mara Cawangan Segamat, Johor bahru, 1921 Oktober. (Online),(http://cs.upi. edu/paper skripsi/ model pembelajaran gaya belajar. pdf, diakses 30 Maret 2016, 17:56 WIB).

Yurdin, M. 2013. Hubungan gaya belajar dengan motivasi belajar dengan hasil belajar Biologi siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Barru. Jurnal Biologi, fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar, http://digilib.unm.ac.id/download.php?id=408. Diakses 11 Mei 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.