IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI IPA PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 TANJUNG RAYA

Septiana Puspita Sari, Arwin Achmad, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This study were aimed to know the misconception on classification of living things, ecosystem, human population density, and the human role in environmental management on second semester of VII grade and to know was the most misconception content. This study design using simple descriptive research. The sample in this research were student of VIII A, VIII B, VIII C that were selected by simple random sampling technique. The quantitative data were obtained from the multiple choice questions and essays that were analyzed by Certainty of Response Index (CRI) method. The results showed that students with misconceptions was 20.67% with low criteria, students who do not know the concept was 37.11% with low criteria while students who know the concept was 43.46% with medium criteria.


Penelitian ini bertujuan mengetahui miskonsepsi pada materi ciri dan klasifikasi makhluk hidup, ekosistem, kepadatan populasi manusia dan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan pada semester genap kelas VII dan materi yang paling banyak terjadi miskonsepsi pada siswa kelas VII. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif sederhana. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, VIII B, VIII C yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Data kuantitatif diperoleh dari tes soal pilihan jamak dan esay yang di analisis dengan metode Certainty of Response Index (CRI).Hasil penelitian menunjukkan siswa yang mengalami miskonsepsi materi IPA semester genap pada siswa kelas VII SMP yaitu 20,67% dengan kriteria rendah, siswa yang tidak tahu konsep 37,11% dengan kriteria rendah sedangkan siswa yang tahu konsep 43,46% kriteria sedang.

Kata kunci : deskriptif sederhana, miskonsepsi, simple random sampling


Full Text:

PDF

References


Adisendjaja, Y.H. 2007. Identifikasi Kesalahan Dan Miskonsepsi Buku Teks Biologi Umum. Universitas Pen-didikan Indonesia.Diakses dari http:-//file.upi.edu/Direktori/FPMIPA-/JUR._PEND._BIOLOGI/195512191980021-YUSUF_HILMI_ADISENDJAJA/KESALAHAN_DAN_MISKONSEPSI.pdf pada 10 Oktober 2015 pukul 19.00 WIB.

Dahar, R.W. 1996 . Teori-Teori Bela-jar. Jakarta: Erlangga

Lubis, A. R dan Manurung, B. 2010. Pengaruh Model dan Media Pem-belajaran Terhadap Hasil Belajar dan Retensi Siswa Pada Pelajaran Biologi di SMP Swasta Muhamadiyah Serbelawan. Jurnal Pendidikan Biologi. Universitas Negeri Medan. Vol (1). 146-245.

Murni, D. 2013. Identifikasi Mis-konsepsi Mahasiswa Pada konsep substansi Genetika menggunakan Ce-rtainty of Response Index (CRI). Uni-versitas Lampung. Di akses dari http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/semirata/article/view/671/491 pada 15 Oktober 2015 pukul 20.00 WIB. 211

Rahayu, P., S. Mulyani dan S.S. Miswadi. 2012.Pengembangan Pem-belajaran IPA Terpadu dengan Me-nggunakan Model Pembelajaran Pro-blem Base Melalui Lesson Study. Uni-versitas Negeri Semarang. Di akses dari: http://journal.unnes-.ac.id/artikel_nju/jpii/2015 Pada 15 Oktober 2015 pukul 20.00 WIB.

Siwi, D. A. P. 2013. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas VIII Pada Konsep Sistem Pencernaan dan Per-napasan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Sulistyowati, E dan A.W. Wisuda-wati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara: Jakarta.

Suparno, P. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta:. PT Gramedia Widiasarna


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.