PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP KEBAHAGIAAN DALAM MENGASUH ANAK PADA WANITA KARIR

Savira Nur Amanda

Abstract


Pengaruh Locus Of Control Terhadap Kebahagiaan dalam Mengasuh Anak Pada Wanita Karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh locus of control terhadap kebahagiaan dalam mengasuh anak pada wanita karir. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif regresi sederhana. Penelitian dilakukan di PG-TKIT Nurul Hikmah, Sidoarjo dengan teknik pengambilan sampel diilakukan menggunakan teknik sampel jenuh yang menggunakan semua anggota populasi yaitu 50 ibu wanita karir. Teknik pengumpulan data dengan angket berskala Likert pada locus of control 48 item dan kebahagiaan ibu wanita karir dalam mengasuh anak 36 item. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian secara deskriptif rata-rata locus of control dan kebahagiaan ibu wanita karir berada dalam kriteria sangat tinggi. Analisis regresi menunjukkan bahwa locus of control berpengaruh signifikan terhadap kebahagiaan ibu wanita karir dalam mengasuh anak dengan koefisen regresi sebesar 0,457 (p < 0,05). Uji kecocokan model regresi menyatakan bahwa model regresi sudah tepat dan besar kontribusi pengaruh locus of control sebesar 38,1% dalam menjelaskan variasi kebahagiaan ibu wanita karir dalam mengasuh anak. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pusat kendali diri yang baik berkontribusi pada kebahagiaan dalam mengasuh anak yang penting untuk perkembangan anak.


Full Text:

PDF PDF

References


Arief, S. . (2016). Psikologi Positif: Pendekatan Saintik Menuju Kebahagiaan. Gramedia Pustaka Utama.

David Yarbroug. (2012). Undergraduate Honors Service-Learning & Effects on Locus of Control. University of Louisiana, 01(2162-6685), 71.

Handayani, A. (2013). Keseimbangan Kerja Keluarga pada Perempuan Bekerja : Tinjauan Teori Border. Buletin Psikologi Universitas Gadjah Mada, 21(2), 90–101. https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/7373/5740

Hardianti. (2014). Peran Wanita Karir dalam Kehidupan Rumah Tangga Desa Bontolempangan Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Patnani, M. (2012). Kebahagiaan Pada Perempuan. Jurnal Psikogenesis, 1(1), 56–64.

Rycman, M, R. (2013). Theories of Personality. Linda Schreiber Ganster.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS. KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.

Siregar, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Kencana.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Syahputri, F. M. (2019). Pengaruh Kematangan Emosi Terhadap Kecenderungan Perilaku Cyberbullying Pada Masa Dewasa Awal [Universitas Negeri Jakarta]. http://repository.unj.ac.id/3059/1/SKRIPSI FULL WISUDA.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.