Kelekatan pada Ibu dengan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun

Novita Sari, Riswanti Rini, Vivi Irzalinda

Abstract


The problem in this study is the attitude of children who are still dependent, especially with mothers when carrying out activities or daily activities. The purpose of this study was to analyze the relationship between attachment and independence of children aged 5-6 years. This study uses quantitative non-experimental research with a correlational research design with Pearson product moment correlation analysis techniques. The sample of this study was 111 mothers who sent their children to kindergarten in Kedaton District. The sampling technique uses cluster random sampling technique. Data collection using questionnaires/interviews.The results showed a correlation of 0.762 which means that there is a relationship between attachment to the mother with the independence of children aged 5-6 years.

Keywords: attachment to the mother, children independence, early childhood

Masalah dalam penelitian ini yaitu sikap anak yang masih bergantung terutama dengan ibu ketika melakukan kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara kelekatan dengan kemandirian anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat non eksperimental dengan desain penelitian korelasional dengan teknik analisis korelasi pearson product moment. Sampel penelitian ini berjumlah 111 ibu yang menyekolahkan anaknya di TK Kecamatan Kedaton. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner/wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi sebesar 0,762 yang artinya terdapat hubungan antara kelekatan pada ibu dengan kemandirian anak usia 5-6 tahun.

Kata kunci: anak usia dini, kelekatan pada ibu, kemandirian anak

 


Full Text:

PDF

References


Affrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Obsesi PG-PAUD FIP UPTT. 1(2), 124-130.

Ali., & Moh. A. (2012). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rineka Cipta.

Brooks, J. (2011). The Process Of Parenting. Eds: 8. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cenceng. (2015). Perilaku Kelekatan pada Anak Usia Dini (Perspektif Jhon Bowlby). Jurnal Lentera. 9(2), 141-153.

Dirawan., & Sunarty. (2015). Development Parenting Model to Increase the Independence of Children. International Education Studies. 8(10), 107-113.

Ionescu, A. M. (2014). Intersubjectivity and Relational Health In Mother and Child Attachment Dimensions. Procedia-Social and Behavioral Science, 163(2014), 159-168.

Nurhayati, H. (2015). Hubungan Kelekatan Aman (Secure Attachment) Anak Pada Orangtua Dengan Kemandirian Anak Kelompok B TK PKK 37 Dodogan Jatimulyo Dlingo Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

Puryanti, I. (2013). Hubungan Kelekatan Anak Pada Ibu Dengan Kemandirian Di Sekolah. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang.

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Jurnal Kordinat. 16(1), 31-46.

Santrock, J.W. (2002). Perkembangan Masa Hidup. Edsisi 5 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Soetjiningsih, C. H. (2012). Perkembagan Anak : Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Sutrisno, H. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Akuntansi dan Keuangan. Yogyakarta: Ekonisia.

Yamin, M., & Sanan, J. (2010). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.