Persepsi Orang Tua terhadap Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini

Maulita Indriyani, Ari Sofia, Gian Fitria Anggraini

Abstract


The gadget is a communication tool that is growing rapidly and is very accessible to children. The purpose of this research was to find out parents' perceptions about gadgets. The type of this research was quantitative descriptive research, with data analysis that was descriptive percentage. The technique of retrieving data used a questionnaire given to 137 parents who have children with a reliability of 0.912. The results of this study indicated that gadgets had more negative effects than positive impacts to children. Parents had introduced gadgets to children since they were 2-4 years old. The children often used gadgets when they were 2-4 years old. As many as 68.6% of children most often watch cartoons and 47.4% play games. All parents limited their children when they used gadgets. However, in reality children can play gadgets for more than 1 hour. 

Gadget merupakan salah satu alat komunikasi yang berkembang dengan pesat dan sangat mudah diakses oleh anak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi orang tua mengenai gadget. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan analisis data yakni deskriptif persentase. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 137 orang tua yang memiliki anak usia dini dengan reliabilitas sebesar 0.912. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gadget pada anak lebih banyak memberikan dampak negatif dari pada dampak positif. Orang tua sudah mengenalkan gadget saat anak berusia 2-4 tahun. Penggunaan gadget paling sering pada saat anak berusia 2-4 tahun. Sebanyak 68.6% anak paling sering menonton film kartun dan 47.4% anak bermain games. Semua orang tua memberikan batasan kepada anak pada saat anak menggunakan gadget. Akan tetapi, pada kenyataannya anak dapat bermain gadget lebih dari 1 jam.

Kata Kunci: anak usia dini, penggunaan gadget, persepsi orang tua


Full Text:

PDF

References


APJII. 2016. Hasil Survey Internet APJII 2016. Http://apjii.or.id/survei/2016 Diakses tanggal 27 November 2017.

Cahaya, D. K. 2017. Berapa Usia Ideal Anak Gunakan “Gadget”?. Kompas.com. Tersedia Online. http:/sains.kompas.com/read/2017/05/10/180307820/berapa.usia.anak.gunakan.gadget. Diakses tanggal 15 Desember 2017.

Ernawati, W. 2015. Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Penurunan Tajam Pengelihatan Pada Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) Di SD Muhammadiyah 2 Pontianak Selatan. Jurnal Proners 3(1). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmkeperawatanFK/article/view/10533. Diakses pada 29 Juni 2018.

Fachrizal, R. 2018. Inilah Konten yang Sering di Telusuri Anak-anak Indonesia Ketika Online. Infokomputer.com. Tersedia Online.https://today.line.me/id/pc/article/Inilah+Konten+yang+Sering+Ditelusuri+Anak+anak+Indonesia+Ketika+Online-OZGNrv Diakses tanggal 2 Oktober 2018.

Hadi, S. 2000. Metode Penelitian. Andi Yogyakarta. Yogyakarta.

Irmayanti, Y. 2018. Peran Orang Tua dalam Mendampingi Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Prasekolah. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Listyawardhani, Y. 2015. Pengaruh Lama Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Umur 5-6 TahunTerhadap Perkembangan Sosial di TK Marsudini Surakarta. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/49372/Pengaruh-lama-penggunaan-gadget-pada-anak-usia-dini-umur-5-6-tahun-terhadap-perkembangan-sosial-di-tk-Marsudirini-Surakarta. Diakses pada 30 Juni 2018.

Middlebrook, H . 2016. New Screen Time Rules for Kids, by Doctors. CNN. Tersedia online: http://edition.cnn.com/2016/10/21/health/screen-time-media-rules-children-aap/index.html. Diakses tanggal 17 Desember 2017.

Noorshahiha, M. F. 2016. The Level of Tolerance Sanctioning Children Using Gadgets by Parents Lead To Nomophobia:Early Age Gadget Exposure: International Jurnal art and science 09(02).

Novitasari, W. et.al. 2016. Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun.Jurnal PAUD Teratai 05(03).http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paudteratai/article/view/17261/15693. Diakses pada 30 Juni 2018.

Pratama, A . 2017. Menkominfo Siap Blokir 30 Juta Konten Porno di Internet. Tribun Online. Tersedia online : http://www.tribunnews.com/nasional/2017/10/09/menkominfo-siap-blokir-30-juta-konten-porno-di-internet. Diakses pada 31 Januari 2018.

Sari, T. P et al. 2016. Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di TKIT Al-Mukmin. Profesi.13(2).

Simamora, A. SM. 2016. Persepsi Orangtia Terhadap Damapk Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Skripsi. Universitas Lampung. Tersedia Online.digilib.unila.ac.id/23220/3/SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf. Diakses Tanggal 31 Januari 2018.

Sudijiono, A. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. PT. Raja

Grafindo. Jakarta.

Sutrisno, J. 2012. Sikap Konsumenter terhadap Produk Counterfeit (Studi Pada Perilaku Pembelian Gadget Mahasisw). Tesis. Universitas Atma Jaya. Yogyakarta. http://e-journal.uajy.ac.id/478/1/0MM01549.pdf. Diakses pada 1 Desember 2017.

Wendy, et.al. 2015. Young School Children’s Use of Digital Devices and Parental Rules. Telematics and Informatics 32(4): 787–795.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.