Pengaruh Bonding Orangtua Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun

Leny Vernita, Een Yayah Hainilah, Gian Fitria Anggraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bonding orangtua terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif dan jenis penelitian survey yang bersifat non eksperimental, dengan analisis data regresi. Sampel dalam penelitian berjumlah 35 anak yang bersekolah di TK Banjarsari, pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner dan observasi, sedangkan data dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil menunjukan bahwah pemberian bonding orangtua semakin memberikan perlakukan closeness akan memiliki hubungan dengan pelakuan dependence, sehingga bonding hanya memberikan sedikit pengaruh terhadap kemandirian.


The problem in this research was children were often not independent, such as asking for help of teachers in doing activity at school. This study aims to determine the effect of parental bounding on the independence of children aged 5-6 years. The research method used was quantitative research method with descriptive design and non-survey experimental survey, with regression data analysis. The sample in this study were 35 children who attended school in Banjarsari kindergarten, sampling was using multistage random sampling technique. Data collection in this research was done by using questionnaire and observation technique, while data were analyzed by using simple linear regression. The result shows that parent bonding giving closeness treatment will have relation with dependence treatment, so bonding gives little influence to independence.

Kata kunci: kemandirian anak, bonding orangtua, kedekatan, ketergantungan.



Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspek. Jakarta: Kencana.

Dadan, S. 2016. Pendidikan anak usia dini stimulasi dan aspek perkembangan anak. Jakarta: Kencana.

Desmita. 2007. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Driscoll, Kate dan Robert C. P. 2011. Mothers’ adn Fathers’ Perceptions of Conflict and Closeness in Parent-Child Relationships during Early Childhool. Journal of Eary Childhood and Infant Psychology. 7(20). Tersedia online: https://www.bristol.ac.uk/media-library/sites/sps/documents/c-change/cprs.pdf. Diakses 4 Februari 2018.

Faizah, dkk. 2017. Psikologi pendidikan (aplikasi teori di Indonesia). Malang: UB Press.

Femi, O & Lita, A. 2010. Inner Healingat School. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ismail, S. W. 2018. Peserata Didik dan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Diandra.

Kenned, M. 2004. Buku Pintar Keluarga: Melatih Anakagar Mandiri. Jakarta: Erlangga.

Malin. A. J. 1971. Vineland Social Maturity Scale. Online. APPENDIX-C http://shodhganga.inflibnet.ac.in/bitstream/10603/112673/17/17_appendix%20c.pdf Diakses 20 Januari 2018.

Moonik, P. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Perkembangan Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal: e-clinic. Vol.3. no. 1.

Mutmainnah. 2018. Konstribusi pola asuh orangtua dalam pendidikan karakter. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Muthmainnah/Kontribusi%20Orang%20Tua%20(DIKLUS).pdf. Diakses pada tanggal 6 juni 2018.

Nikolaos. T. 2017. Evaluating the Student–Teacher Relationship Scale in the Greek educational setting: an item parcelling perspective. Jurnal Education. DOI: 10.1080/02671522.2017.1353675. Diakses pada tanggal 24 Mei 2018.

Pianta, R. C., Hamre, B., & Stuhlman, M. 2003. Relationships between teachers and children. In W. Reynolds and G. Miller (Eds.), Comprehensive handbook of psychology: Vol. 7. Educational psychology, 199 – 234.

Rahmawati, R. 2013. Perbedaan Tingkat Kemandirian Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok A Antara Yang Mengikuti Play Group Dan Tidak Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Surabaya. [Jurnal]. Vol.2, No.2.http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/2315 Diakses 20 Januari 2018.

Raudhoh. 2017. Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal studi gender dan anak, vol II, No I.

Sutrisno. H. 2006. Metodelogi Penelitian Kuantitatif untuk Akuntansi dan Keuangan. Yogyakarta: Ekonisia.

Thoha, B.S.J 2013. Metodelogi Penelitian Sosial dan Humaniora (Suatu Pendekatan Kuantitatif). Bandar Lampung: Aura.

Yustinus, S.E. 2006. Teori Kepribadian dan Terapi Psikoanalitik Freud. Yogyakarta: Kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.