Analisis Kebutuhan Pengembangan E-modul Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan e-modul pembelajaran berbasis flipbook maker yang dapat memfasilitasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar siklus akuntansi perusahaan jasa saat pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, lembar observasi, dan angket. Hasil pengumpulan data menunjukkan bahwa (1) sebagian besar hasil belajar belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan sekolah, (2) peserta didik merasa kesulitan pada saat proses pembelajaran materi siklus akuntansi perusahaan jasa, (3) cenderung kurang memaksimalkan teknologi komunikasi saat proses pembelajaran, (4) media pembelajaran yang digunakan hanya menggunakan google form, baik dalam proses pembelajaran maupun evaluasi, (5) siswa belum memiliki buku pegangan berupa LKS. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan, rekomendasi pengembangan e-modul berbasis flipbook maker untuk meningkatkan hasil belajar siklus akuntansi perusahaan jasa.
Kata kunci: E-modul, flipbook maker, hasil belajar.
Full Text:
PDFReferences
Agustina, D. Y. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Sebagai Pendukung Implementasi Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Pada Materi Jurnal Penyesuaian Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Di Smk Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(1).
Anandari, Q. S., Kurniawati, E. F., Piyana, S. O., Melinda, L. G., Meidiawati, R., & Fajar, M. R. (2019). Development of Electronic Module: Student Learning Motivation Using the Application of Ethnoconstructivism-Based Flipbook Kvisoft. Jurnal Pedagogik, 6(2), 416-436.
Arsyad. A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., Ariawan, I. P. W., Mahendra, I. W. E., & Sugiharni, G. A. D. (2019). The design of digital book content for assessment and evaluation courses by adopting superitem concept based on Kvisoft Flipbook Maker in era of industry 4.0. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1165, No. 1, p. 012020). IOP Publishing.
Erna, M., Riau, U., Dewi, C. A., & Mandalika, U. P. (2021). The Development of E-Worksheet Using Kvisoft Flipbook Maker Software Based on Lesson Study to Improve Teacher ’ s Critical Thinking Ability. 15(01), 39–55.
Harta, I., Tenggara, S., & Kartasura, P. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP Developing a Module to Improve Concept Understanding and Interest of Students of SMP. 9, 161–174.
Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. (2015). Pengembangan media pembelajaran flipbook fisika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 4, pp. SNF2015-II).
Inanna, I., & Rahmatullah, R. (2022). Desain Modul Elektronik Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Teoritik Konsep Dasar Koperasi. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 5(1), 12-22.
Istuningsih, W. (2018). Pengembangan E-module Ekonomi Berbasis Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA di Kabupaten Karanganyar (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University).
Juniors, R., & Susilowibowo, J. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-book Pada Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Sebagai Pendukung Pembelajaran Saintifik Kelas X Akuntansi Di SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 8(3), 55-59.
Lathifah, N., Ashari, A., & Kurniawan, E. S. (2020). Pengembangan e-modul Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 1(1), 1-7.
Mardiana, M., & Ofasari, D. (2021). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Dengan Android Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Sak Etap) Pada CV. Wijaya Muda. Akuntanika, 7(1), 15-27.
Richey, R. C. (1994). Developmental Research: The Definition and Scope.
Rohana, A. (2021). Pengaruh Perhatian Dan Motivasi Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Hidup Kelas IV Sd Negeri Plumpung 1 Plaosan Magetan (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Safitri, A., Permata, M. D., & Wilujeng, I. (2021). The Effect of Using the E-module Assisted by the Kvisoft Flipbook Maker in Improving Student ’ s Critical Thinking Skills During the Covid-19 Pandemic. 541(Isse 2020), 545–551.
Salsabila, S. S (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-modul Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Pada Materi Relasi Dan Fungsi Kelas.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ|, 4(2), 163-173.
Smeets, D. J., & Bus, A. G. (2015). The interactive animated e-book as a word learning device for kindergartners. Applied Psycholinguistics, 36(4), 899-920.
Somadayo, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Konsep Cerita Pengalaman Yang Mengesankan Siswa Kelas V SD Negeri 27 Kota Ternate. Pedagogik, 6(1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung.
Sulfemi, W. B. (2019). Model pembelajaran kooperatif mind mapping berbantu audio visual dalam meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13-19.
Suparman, E., Kom, S., Parashakti, M. R. D., & MM, S. (2018). The Development Of Accounting Information System Modul Learning In Universitas Persada Indoonesia Yai. Development, 9 (20).
Telaumbanua, Y. N., Sinaga, B., & Surya, E. (2017). Development of Mathematics Module Based on Metacognitive Strategy in Improving Students ’ Mathematical Problem Solving Ability at High School. 8(19), 73–80.
Tondeur, J., Van Braak, J., Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. (2017). Understanding the relationship between teachers’ pedagogical beliefs and technology use in education: a systematic review of qualitative evidence. Educational technology research and development, 65(3), 555-575.
Umbu, N. (2019). Pengembangan Bahan Ajar E-modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Marker Pada Materi Sistem Pernapasan.
Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.
Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2).
Winkel, W. (2009). Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Gramedia.
Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111-120.
Zamzami, F., & Nusa, N. D. (2017). Akuntansi Pengantar 1. UGM PRESS.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a CC BY 4.0.
Economic Education and Entrepreneurship Journal
Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145