TELAAH BUKU MAHIR BERBAHASA INDONESIA 2 KELAS VIII SMP TERBITAN YUDHISTIRA

Devi Kusmitha Sari, Eka Sofia Agustina, Munaris Munaris

Sari


The purpose of this research was to describe how the us of the book Mahir Berbahasa Indonesia 2 Kelas VIII SMP published by Yudishthira based on the feasibility of the book techniques presentation, learning presentation, and completeness presentation. The research method used descriptive qualitative method. The data source in this research was the book Mahir Berbahasa Indonesia 2 Kelas VIII SMP written by Siti Isnatun M., S.S. and Umi Farida, S.S. and published by Yudishthira in 2013. Data analysis had done by the steps (1) read the data source, (2) analized the presentation feasibility, (3) summarized the analysis of the presentation feasibility. The results of this research showed that the book Mahir Berbahasa Indonesia 2 Kelas VIII SMP published by Yudishthira based on analyzed the feasibility of the book presentation was presented Curriculum 2013, namely the presentation of text-based learning.

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bagaimana buku Mahir Berbahasa Indonesia 2 Kelas VIII SMP terbitan Yudhistira berdasarkan kelayakan penyajian buku yang meliputi teknik penyajian, penyajian pembelajaran, dan kelengkapan penyajian. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah buku Mahir Berbahasa Indonesia 2 Kelas VIII SMP yang ditulis oleh Siti Isnatun M., S.S. dan Umi Farida, S.S. dan diterbitkan oleh Yudhistira pada tahun 2013. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah (1) membaca sumber data, (2) menelaah kelayakan penyajian, (3) menyimpulkan telaah kelayakan penyajian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku Berbahasa Indonesia 2 Kelas VIII SMP terbitan Yudhistira berdasarkan telaah kelayakan penyajian sudah merepresentasikan kurikulum 2013, yaitu penyajian pembelajaran berbasis teks.

Kata kunci: buku teks, kelayakan penyajian, kurikulum 2013.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Agustina, Eka Sofia. 2011. Materi Ajar BTBI. Lampung: Universitas Lampung.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Panduan Membuat Bahan Ajar Buku teks Pelajar sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cita.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain pembelajaran bahasa indonesia dalam kurikulum 2013. Jaakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter