PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 SISWA SMP NEGERI 4 METRO

Feni Setianingsih, Mulyanto Widodo, Eka Sofia Agustina

Sari


The purpose of this research was to describe the learning of short story writing with in the Curiculum 2013. The method which was used in this research was descriptive qualitative. The result of research indicates the teacher had done three steps of the short story writing learning in the Curiculum 2013. Teachers activities were three activities phases, those are activity of antecedent, activity of core, and activity of conclusion. Students activities were perceive activity, ask activity, try activity, natural existence activity, and communicate activity. At the analysis result of student work writing short story used indicators references of writing short story based on the Curriculum 2013 covering selection of themes, short story contents, usage of dictions, usage of spelling/EYD, and short story structures.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran menulis cerita pendek berdasarkan Kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahap pembelajaran dalam pembelajaran menulis cerita pendek berdasarkan Kurikulum 2013. Aktivitas yang dilakukan guru meliputi tiga tahap kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Aktivitas yang dilakukan siswa meliputi aktivitas mengamati, aktivitas menanya, aktivitas mencoba, aktivitas menalar, dan aktivitas mengomunikasikan. Pada analisis hasil karya siswa menulis cerita pendek menggunakan acuan indikator menulis cerita pendek berdasarkan Kurikulum 2013 yang meliputi pemilihan tema, isi cerita pendek, penggunaan diksi, penggunaan ejaan/EYD, dan struktur cerita pendek.

Kata kunci: kurikulum 2013, pembelajaran menulis cerita pendek, tahapan pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Jelita, Yanti. 2013. Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Kelas X Di Ma Al-Fatah Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Tidak Diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Kemendikbud. 2013. Modul Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pedidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Suliani, Ni Nyoman Wetty. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Suyanto, Edi. 2012. Perilaku Tokoh dalam Cerpen Indonesia. Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter