KONOTASI DALAM KUMPULAN CERPEN PEREMPUAN DI RUMAH PANGGUNG SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA
Sari
The research problem was the connotation short story of the Perempuan di Rumah Panggung . This study aimed to describe connotations in the short story collection and feasibility as teaching materials in junior high school literature. This study used a qualitative descriptive method. The data sources were taken from short stories. Based on the results of data analysis connotation found are (1) high connotation , (2) friendly connotation , (3) a bad connotation , (4) the inappropriate connotations . The collection of short stories deserve to be as an alternative teaching materials in junior high school students in terms of aspects of character values in the curriculum in 2013 .
Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah konotasi dalam cerpen pada kumpulan cerpen Perempuan di Rumah Panggung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konotasi dalam kumpulan cerpen tersebut dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah cerita pendek. Berdasarkan hasil analisis data konotasi yang ditemukan adalah (1) konotasi tinggi, (2) konotasi ramah, (3) konotasi tidak enak, (4) konotasi tidak pantas. Kumpulan cerpen tersebut layak dijadikan sebagai alternatif bahan ajar siswa di SMP ditinjau dari aspek nilai-nilai karakter dalam Kurikulum 2013.
Kata kunci: bahan ajar, cerpen , konotasi.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Chaer, Abdul. 2007. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, Lexy J. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Parera, Jos Daniel. 1991. Teori Semantik: Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.
Stiawan ZS, Isbedy. 2013. Perempuan di Rumah Panggung. Bandar Lampung: Siger Publisher.
Suyanto, Edi. 2011. Membina Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar. Yogyakarta: Ardana Media.
Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Semantik. Bandung: Angkasa.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.