TINDAK TUTUR DALAM KOMUNIKASI ANTARMAHASISWA DI KANTIN FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG
Sari
The problem of this research is how the students speech act in their communication at the canteen in Teacher Training and Education Faculty in University of Lampung and its implication to Indonesia language learning in senior high school. This research uses descriptive qualitative method by using free seeing technique field and note technique. Data sources of this research was the students communication at canteen in Teacher Training and Education Faculty in University of Lampung. The result showed that students communication at canteen is divided into two direct speech act and indirect speech act. Direct speech act found consists of on target direct speech act and argumentative direct speech act. While indirect speech act divided into seven modus, used in speech in communication which are fact stating modus, assumption stating modus, third person modus, questioning modus, complaining modus, praising modus, and informing modus.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tindak tutur dalam berkomunikasi antarmahasiswa di kantin FKIP Universitas Lampung dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catatan lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan antarmahasiswa di kantin FKIP Universitas Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur dalam berkomunikasi antarmahasiswa di kantin yang dituturkan oleh subjek penelitian dilakukan dengan dua bentuk tindak tutur, yaitu tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung. Tindak tutur langsung yang ditemukan terdiri atas tindak tutur langsung pada sasaran dan tindak tutur langsung dengan alasan atau argumentasi. Tindak tutur tidak langsung dilakukan dengan tujuh modus tuturan, yaitu modus menyatakan fakta, modus menyatakan pengandaian, modus melibatkan orang ketiga, modus bertanya, modus menyatakan keluhan, modus menyatakan pujian, dan modus menginformasikan.
Kata kunci: komunikasi, mahasiswa, tindak tutur.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Aminuddin. 1990. Penelitian dalam Bidang Bahasa dan Sastra. Malang: Yayasan Asah Asih Asuh.
Budiharso, Teguh. 2004. Prinsip dan Strategi Pengajaran Bahasa. Surabaya: Lutfansah Mediatama.
Dik, S.C. dan Kooij, J.G. 1994. Ilmu Basaha Umum, Alih Bahasa: T. W. Kamil. Jakarta: RUL.
Moleong, Lexi J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rusminto, Nurlaksana Eko. 2009. Analisis Wacana Buku Ajar. Bandarlampung: FKIP Universitas Lampung.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.