PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG

Nuraini Nuraini, Siti Samhati, Eka Sofia Agustina

Sari


The purpose of this research is to describe the learning process of comprehending explanation text in student grade VII of SMP Negeri 13 Bandar Lampung. This research used descriptive qualitative method. The result of the research show that the teacher had conducted planning, implementing, and assessing. In the planning step, the teacher made complete lesson plan based on the components of 2013 curriculum lesson planning. All of the teaching learning processes were collected in the application of scientific approach which the step consist of observing, questioning, understanding, trying and communicating. The scope of teacher assessment to the students behaviour in teaching learning process is by watching them and students competence by written test.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran memahami teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Bandar lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lengkap berdasarkan komponen-komponen RPP pada kurikulum 2013. Seluruh aktivitas pembelajaran terangkum dalam pengaplikasian pendekatan saintifik yang tahapannya berupa mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengomunikasikan. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap dengan mengamati sikap siswa saat mengikuti kegiatan pembelajaran dan kompetensi pengetahuan dengan teknik tes tertulis.

Kata kunci: memahami, pembelajaran, teks eksplanasi.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman, H. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA/MA dan SMK/MAK Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahyuni, Sri dan Syukur. 2013. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Refika Aditama.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.