KONJUNGSI PADA TEKS ANEKDOT DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Evita Evita, Wini Tarmini, Ni Nyoman Wetty Suliani

Sari


The problem of this research was how the use of conjunction in anecdotes text and the implication in learning Indonesia language at class X of SMA. This research was intended to investigate the use of conjunction in anecdotes text of learning Indonesia language at class X of SMA. This method used qualitative descriptive. The source of data research was anecdotes text in Tempo daily newspaper of February 2014 edition. Based on the results of the analysis found that (1) coordinating conjunction, (2) subordinating conjunction, (3) correlative conjunction, and (4) conjunction between sentences. Anecdotes text in Tempo daily newspaper of February, 2014 edition deserved as an alternative materials in SMA.

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan konjungsi pada teks anekdot dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan konjungsi pada teks anekdot dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas X. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah teks anekdot dalam koran Tempo edisi Februari 2014. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan (1) konjungsi koordinatif, (2) konjungsi subordinatif, (3) konjungsi korelatif, dan (d) konjungsi antarkalimat. Teks anekdot dalam Koran Tempo edisi Februari 2014 layak dijadikan sebagai alternatif bahan ajar siswa di SMA.

Kata kunci: anekdot, konjungsi, implikasi bahan ajar.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Alwi, Hasan dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Danandjaja, James. 1984. Foklor Indonesia Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Grafiti Pers.

Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putrayasa, Ida Bagus. 2008. Analisis Kalimat (Fungsi, Kategori, dan Peran). Bandung: Refika Aditama.

Rahmanto, Bernadus. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.