GAYA BAHASA DALAM KUMPULAN PUISI DOA UNTUK ANAK CUCU SEBAGAI BAHAN AJAR

Era Octafiona, Kahfie Nazaruddin, Wini Tarmini

Sari


The purpose of this research is to describe the language style in the collection of poetry and the worthiness as a material lesson of literature in Senior High School. This research used qualitative descriptive method. Those datas research are the poetry in Doa Untuk Anak Cucu poems collection. It is found that the collection of poetry makes use of aliteration, assonance, asyndeton, redundancy, perifrasis, erotesis, hyperbola, simile, metaphor, allegory, personification, and sinekdoke. The function of language style in that poetry collection is generating a happy atmosphere, nostalgic, sad, quiet, serious, uneasy, friendly, humble, patient, response tothe sense of sight,sense of hearing, and embellish the narrative. The poetry collectionis worth to be used as a learning material alternative for students in Senior High School in terms from the aspect of the curriculum and literary aspects.

Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah gaya bahasa dalam puisi pada kumpulan puisi Doa untuk anak cucu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa dalam kumpulan puisi tersebut dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini merupakan kumpulan puisidalam kumpulan puisi Doa Untuk Anak Cucu karya W.S. Rendrat. Berdasarkan hasil analisis data gaya bahasa yang ditemukan adalah aliterasi, asonansi, asindeton, pleonasme, perifrasis, erotesis, hiperbola, simile, metafora, alegori, personifikasi, dan sinekdoke. Fungsigaya bahasa dalam kumpulan puisi tersebut adalah membangkitkan suasana bahagia, rindu, sedih, sepi, bersungguh-sungguh, gelisah, ramah, rendah hati, sabar, tanggapan indera penglihatan, indera pendengaran, dan memperindah penuturan. Kumpulan puisi tersebut layak dijadikan sebagai alternatif bahan ajar siswa di SMA ditinjau dari aspek kurikulum dan aspek sastra.

Kata kunci: bahan ajar, gaya bahasa, puisi.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aminuddin, 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo Bandung.

Keraf, Gorys. 2002. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Moleong, Lexy J. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Rahmanto, Bernadus. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Rendra, W.S. 2013. Doa Untuk Anak Cucu. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.