KEEFEKTIFAN KALIMAT NASKAH SOAL UJIAN AKHIR KELAS X SMAN DI BANDARLAMPUNG

Adelina Harry Santi, Iqbal Hilal, Mulyanto Widodo

Sari


The purpose of this research is to describe the effectiveness of sentence in examination texts of odd semester of the tenth grade of Bandarlampung public schools in 2013/2014 academic year. The source data of this research were examination texts in odd semester. The examination texts are divided into three subject, namely Indonesian language, civics education, and physical education. This research used qualitative descriptive method. The data of this research were sentences used in examination texts. The results show that the examination texts have not used the effective sentences. The percentage of total effective sentences in the examination texts were found 79.97 % , while the percentage of ineffectiveness sentences were found 20.03 % . From the overall of the ineffectiveness, what has the most findings from the research is the illogics that were caused by inapropriate dictions to express things.

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan keefektifan kalimat pada naskah soal ujian akhir semester ganjil kelas X SMAN di Bandarlampung tahun pelajaran 2013/2014. Sumber data penelitian ini adalah naskah soal ujian akhir semester ganjil kelas X yang meliputi tiga mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Penjasorkes. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa kalimat-kalimat yang digunakan dalam soal ujian akhir yang berjumlah 150 kalimat. Keefektifan kalimat yang diteliti meliputi kesepadanan, keparalelan, kehematan, kecermatan, kepaduan, dan kelogisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa naskah soal belum keseluruhan menggunakan kalimat efektif. Persentase keseluruhan kalimat efektif pada naskah soal ditemukan sebanyak 79,97%, sedangkan persentase ketidakefektifan kalimat pada naskah soal ditemukan sebanyak 20,03%. Dari keseluruhan ketidakefektifan, yang paling banyak ditemukan dalam penelitian ini ialah ketidaklogisan disebabkan oleh penggunaan pilihan kata yang kurang tepat untuk mengungkapkan hal yang ingin disampaikan.

Kata kunci: kalimat efektif, naskah soal ujian akhir, pembagian keefektifan kalimat.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arifin, E. Zaenal dan Arman Tasai. 2008. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Cetakan IV. Jakarta: Akademika Pressindo.

Hadjar. 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Balai Pustaka.

Parera, Jos Daniel. 1991. Belajar Mengemukakan Pendapat. Jakarta: Erlangga.

Rishalia, Devi Surya. 2010. Keefektifan Kalimat pada Naskah Soal Tes Standar Semester Ganjil SMKN di Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Sarjana. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Fajar Interpratama.

Sanusi, A. Effendi. 2000. “Kalimat Efektif” Makalah Penyusunan Bahasa Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyanto, Edi. 2011. Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar. Yogyakarta: Ardana Media.

Vega, Angelique De La YS. 2008. Keefektifan Kalimat dalam Naskah Soal Sejarah dan Sosiologi Kelas X IPS pada Ujian Semester II Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi Sarjana. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter