PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMAN 3 BANDARLAMPUNG

Syelly Eka Permatasari, Mulyanto Widodo, Eka Sofia Agustina

Sari


The problem of this research is how to understand complex procedure text in first year students of high school of SMA Negeri 3 Bandar Lampung 2013/2014. The objective of this research is to describe the learning complex procedure text. This research method is qualitative descriptive by using technique of communication, observation, documentation, and triangulation in collecting the data. The scope of this research is teaching learning process between the teacher and the first year students of MIA 4 which consist of 31 students. The results showed that the learning plan has been aligned with indicators. Then for the implementation of learning, teacher and students have carried out 38 indicators of 40 existing indicators.The teacher assessment is to assess the process and assess the result. The conclusions of this research is learning of understand complex procedurce text in first year students of high school of SMA Negeri 3 Bandar Lampung is good.

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran memahami teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pembelajaran Memahami Teks Prosedur Kompleks. Metode penelitiannya, deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam pengumpulan datanya. Sumber data pada penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran antara guru bidang studi bahasa Indonesia dan siswa kelas X MIA 4 yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan, perencanaan pembelajaran telah selaras dengan indikator yang ada. Selanjutnya pelaksanaan pembelajaran, guru dan siswa telah melaksanakan 38 indikator dari 40 indikator yang ada. Penilaian guru yaitu penilaian proses dan penilaian hasil. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran memahami teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 3 Bandar Lampung sudah baik.

Kata kunci: pembelajaran, siswa, teks prosedur kompleks.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Rajawali Pers.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suparman. 1997. Keterampilan Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembeajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Wetty, Ni Nyoman. 2004. Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi dan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.