WARNA LOKAL DALAM KUMPULAN CERPEN PEREMPUAN DI RUMAH PANGGUNG KARYA ISBEDY STIAWAN

Dona Ratnasari, Muhammad Fuad, Kahfie Nazaruddin

Sari


This research is aimed at describing local color in Perempuan di Rumah Panggung, a short story anthology written by Isbedy Stiawan ZS and determining its implication towards literature teaching at Junior High Schools (SMP). The method that is used in this resarch is qualitative descriptive. The data analysis in this study is text analysis technique. The result of this research shows that (1) the word meaning that are found in the study are lexical, grammatical, idiomatic, narrow, and wide meaning, (2) the word classes that are found in the study are noun, verb, adjective and adverb, (3) the language function that are found in the study are strenghtening the character socially, strenghtening social background, and strenghtening the setting, (4) short story entitled Perempuan di Rumah Panggung is suitable to be a media in literature teaching at middle school.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan warna lokal dalam kumpulan cerpen Perempuan di Rumah Panggung karya Isbedy Stiawan ZS dan menentukan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknis analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Makna kata yang ditemukan dalam penelitian, yakni makna leksikal, makna gramatikal, makna idiomatik, makna sempit, dan makna luas, (2) Kelas kata yang ditemukan dalam penelitian, yakni kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan, (3) Fungsi bahasa yang ditemukan dalam penelitian, yakni fungsi memperkuat tokoh secara sosial, fungsi memperkuat latar sosial, dan fungsi memperkuat latar tempat, (4) Kumpulan cerpen Perempuan di Rumah Panggung layak untuk dijadikan media pembelajaran sastra di SMP.

Kata kunci: cerpen, implikasi, warna lokal.


Referensi


Moleong, L. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 1994. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rahmanto, Bernadus. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisus.

Ruhimat, T, dkk. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sastrowardoyo, Subagio. 1992. Sekilas Soal Sastra dan Budaya. Jakarta: Balai Pustaka.

Suyanto, Edi. 2012. Perilaku Tokoh Dalam Cerpen Indonesia. Bandar lampung: Universitas lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter