PERBEDAAN KEM BERDASARKAN LATIHAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 GEDONG TATAAN

Putri Wulandari, Siti Samhati, Eka Sofia Agustina

Sari


The problem in this research is the difference in the effective speed reading based literacy training skimming and literacy training P2R students of grade VIII SMP Negeri 4 Gedong Tataan. The purpose of this research is to know the difference of KEM between students who did literacy training skimming and students who did literacy training P2R by looking at the students pre ability in reading. The research method used is the experimental method. The population in this research is 154 students and samples 75 students. Data collecting techniques in this research is a test technique. The results of research showed Fcount 8.929 > Ftable 4.084, it can be concluded that the effective speed reading (KEM) students who did literacy training skimming higher than students who did literacy training P2R.

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah perbedaan kecepatan efektif mambaca berdasarkan latihan membaca skimming dan latihan membaca P2R pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gedong Tataan. Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan KEM antara siswa yang melakukan latihan membaca skimming dengan siswa yang melakukan latihan membaca P2R dengan memperhatikan kemampuan awal siswa dalam membaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 154 siswa dan sampel 75 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan Fhitung 8,929 > Ftabel 4,084, berarti dapat disimpulkan bahwa kecepatan efektif membaca (KEM) siswa yang melakukan latihan membaca skimming lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang melakukan latihan membaca P2R.

Kata kunci: kecepatan efektif membaca, latihan membaca, perbedaan.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Chaer, abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Harjasujana, Akhmad Slamet, dan Yeti Mulyati. 1996. Membaca 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Soedarso. 2005. Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Puataka Utama.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wainwright, Gordon. 2006. Speed Reading Better Recalling: Manfaatkan Teknik-Teknik Teruji untuk Membaca lebih Cepat dan Mengingat secara Maksimal. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter