IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR BAHASA INDONESIA DI SMA DAN IMPLIKASINYA

Widyantoro Widyantoro, Nurlaksana Eko Rusminto, Eka Sofia Agustina

Sari


The question in this research is how conversational implicature happens in Indonesian language teaching and learning process in SMAN 9 Bandarlampung. This research aims to describe conversational implicature in Indonesia language teaching learning process and its implication on Indonesian Language learning of senior high school students. The research design which was used is qualitative descriptive and the researcher used conversation between teacher and students in the teaching and learning process as the source of data. The result shows that conversational implicature tends to occur in the core stage of learning. The verbal forms which were used in conversational implicature are not literal direct speech act, literal indirect speech act, and not literal indirect speech act using mode of stating the fact, asking, suggesting, threatening, greeting and complaining. Study of conversational implicature implicates to learning material in speaking skill aspect.

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implikatur percakapan dalam proses belajar-mengajar Bahasa Indonesia siswa kelas X SMA N 9 Bandarlampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implikatur percakapan dalam proses belajar-mengajar Bahasa Indonesia dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah percakapan antara guru dan siswa dalam kegiatan belajar-mengajar Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikatur percakapan lebih cenderung terjadi pada tahap inti pembelajaran. Bentuk verbal yang digunakan dalam berimplikatur ialah tindak tutur langsung tidak literal, tindak tutur tidak langsung literal, dan tindak tutur tidak langsung tidak literal dengan menggunakan modus menyatakan fakta, modus bertanya, modus menyarankan, modus ancaman, modus menyapa, dan modus menyatakan keluhan. Kajian implikatur percakapan berimplikasi terhadap materi pembelajaran dalam aspek keterampilan berbicara.

Kata kunci: implikasi, implikatur, proses belajar-mengajar bahasa indonesia.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitan: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Leech, Geoffrey. 1983. Prinsip-prinsip Pragmatik.Terjemahan oleh Oka, M.D.D.1993. Jakarta: Universitas Indonesia.

Mahsun. 2007. MetodePenelitian Bahasa: Tahapan Strategi,Metetode, danTekniknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2009. Analisis Wacana Bahasa Indonesia (BukuAjar). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Suyanto, Edi. 2011. Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa IndonesiaSecara Benar. Yogyakarta: Ardana Media.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter