PEMBELAJARAN MENDONGENG SISWA KELAS VIII SMP TRI SUKSES NATAR LAMPUNG SELATAN

Ria Luxfiani Harjanto, Ni Nyoman Wetty Suliani, Kahfie Nazaruddin

Sari


The problem this research is how to learn storytelling at grade VII C SMP Tri Sukses Natar, South Lampung. Based on the research aims to describe problem of learning storytelling at grade VII C SMP Tri Sukses Natar, South Lampung. Which is focused on the planning, implementation, and evaluatiom of learning storytelling. The research used descriptive method. The sources of research is storytelling learning activities at grade VII C SMP Tri Sukses Natar, South Lampung. Data collection of techniques in study is activity observation learn and student, video record, interviewing, observing, implementation of learning, and evaluation of teaching storytelling. Analysis technique used an interactive model data analysis based on the theory of Miles and Huberman. Pursuant to result of planning, teacher give complete formal RPP. Execution happened two activity, activity learn and student activity. The evaluation, teacher use technique of tes written and practice.

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran mendongeng siswa kelas VII C SMP Tri Sukses Natar Lampung Selatan tahun pelajaran 2012/2013. Berdasarkan masalah tersebut penelitian bertujuan mendeskripsikan pembelajaran mendongeng siswa kelas VII SMP Tri Sukses Natar Lampung Selatan, yang difokuskan pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran mendongeng. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran mendongeng di kelas VII C SMP Tri Sukses Natar Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi aktivitas guru dan siswa, rekaman video, wawancara, mengamati perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran mendongeng. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif yang mengacu pada teori Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil pada perencanaan, guru memberikan RPP formal yang lengkap. Pada pelaksanaan terjadi dua aktivitas, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa. Pada evaluasi, guru menggunakan teknik tes tertulis dan praktik.

Kata kunci: instrumen, mendongeng, pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta

Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali.

Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Musfiqon, H.M. 2012. Paduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Sardiman, A. M. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali Pers.

Suliani, Ni Nyoman Wetty. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia.Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Suparman, M. Atwi. 2005. Desain Instruksional. Universitas Terbuka: Jakarta.

Suryosubroto, B.1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.