PENGEMBANGAN SKENARIO PEMBELAJARAN TEKS NARASI DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Rindu Rima Yani, Farida Ariyani, Nurlaksana Eko Rusminto

Sari


The problem of this research is how to develop a learning scenario by usin discovery learning model to the seventh grade students of Junior High School. The method that is used in this reasearch is R and D (Reasearch and Development) which reffered to Borg and Gall. They states that the development procedures use five stages, namely collecting information, design design, design validity, design revision, and final product. The results of this research and development are in the form of narrative text learning scenarios using discovery learning models for seventh grade junior high school students who have been declared fit for use by material experts with a percentage of 78% with very feasible categories, the feasibility aspect of the presentation obtains a 75% percentage with the proper category and feasibility aspects language percentage of 75% with a decent category.

 

Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimanakah pengembangan  skenario pembelajaran menggunakan model discovery learning untuk siswa SMP kelas VII. Tujuan Penelitian ini ialah menghasilkan sebuah produk berupa skenario pembelajaran menggunakan model discovery learning untuk materi teks narasi di SMP. Metode dalam penelitian ini ialah  Research and Development (R&D) mengacu prosedur pengembangan Borg dan Gall dengan menggunakan lima tahap, yaitu pengumpulan informasi, perancangan desain, validitas desain, revisi desain, dan produk akhir.  Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa sebuah skenario pembelajaran teks narasi menggunakan model discovery learning untuk siswa SMP kelas VII yang telah dinyatakan layak digunakan oleh ahli materi dengan presentase 78% dengan kategori sangat layak, aspek kelayakan penyajian memperoleh presentase 75% dengan kategori layak dan aspek kelayakan bahasa presentase 75% dengan kategori layak.

 

Keywords: narrative text learning scenarios, discovery learning models, SMP


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Bahri, S. D. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Hosnan, (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik dan Kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Ghalia Indonesia: Bogor.

Imas, K. (2016), Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena, Bandung.

Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Mulyasa, E. (2014) Implementasi Kurikulum 2013. Rosda Karya. Bandung.

Priyatni, E. (2015) Desain pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013. Bumi Angkasa. Jakarta.

Semi, Atar., (1989). Rancangan Pengajaran Bahasa&Sa.stra Inonesia. Angkasa. Bandung.

Suryosubroto. (2002). Proses belajar Mengajar di sekolah. Rineka Cipta: Jakarta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Suparno, (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Universitas Terbuka: Jakarta.

Rahim, F. (2007). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksa: Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter