PENGEMBANGAN SKENARIO PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBASIS MASALAH DI SMA

Kun Hanifah, Siti Samhati, Kahfie Nazaruddin

Sari


The problem in this research is how the learning scenarios for writing report text of observations by using problem based learning in senior high school and how its' feasibility. The purpose of this study is to develop the learning scenario in senior high school, and describe the feasibility of the learning scenario. This research uses research and development method. The result of the research in form of learning scenarios of writing report text on the results of observations with a problem based learning model which was considered feasible. Preliminary activities, core activities, and closing activities on the developed scenario design have presented material that is clear and in accordance with the selected basic competences. The problem based model chosen had been raised in the preliminary and closing activities, and was presented in a coherent and clear manner in the core activities.

 

Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana skenario pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi berbasis masalah di SMA dan bagaimana kelayakannya. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan skenario pembelajaran di SMA, serta mendeskripsikan kelayakan skenario pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Hasil dari penelitian berupa produk skenario pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan model pembelajaran berbasis masalah dianggap sudah layak. Kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup pada rancangan skenario yang dikembangkan sudah menyajikan materi yang jelas dan sesuai dengan KD yang dipilih. Model berbasis masalah yang dipilih sudah dimunculkan pada kegiatan pendahuluan dan penutup, serta disajikan secara runtut dan jelas pada kegiatan inti.

 

Keywords: scenario development, problem based learning, report text of observation result


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Kosasih. (2017). Jenis-jenis teks: analisis fungsi, struktur, dan kaidah, serta langkah penulisannya. Bandung: Yrama Widya.

Priyatni, E.T. (2015). Desain pembelajaran bahasa indonesia dalam kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Schneider, K. Daniel. (2019). Pedagogical scenario. (Online). Swiss. Univiversity of Geneva. http://edutetechwiki.unige.ch/en/Pedagogical _Scenario/ (diunduh pada 23 Desember 2019).

Triana, Arufil Ery. (2017). Pembelajaran memahami teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA. (Skripsi). http://digilib.unila.ac.id/25537/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf (diunduh pada 23 Desember 2019).

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung. 334 hlm.

Universitas Lampung. (2018). format penulisan karya ilmiah. Universitas Lampung, Bandarlampung. 65 hlm.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter