PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUISI MENGGUNAKAN APLIKASI PREZI PADA SEMESTER GANJIL KELAS X

Lady Pramesti Handoko, Munaris Munaris, Mulyanto Widodo

Sari


The purpose of this study to describe the development of poetry learning using the prezzi application at odd semester of tenth grade students in the year 2018/2019 and. The result showed that there were five phases used, such as observation, planning, implementation, expert validation, and product revision and their eligibility showed the material expert research result on learning spect gained 3.6 score with excellent category and the content aspect gained 3.7 score with a very good category. The assessment of media experts in the display aspect gained 3.75 score in the excellent category, the programming aspect obtained 3.3 score in the very good category, and the role aspects of media ini helping students to understand the material gained 3.8 score in the excellent category. And practitioner assessment in the appraisal scored 3.85 in the excellent category.

Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran puisi menggunakan aplikasi prezi pada semester ganjil kelas X tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima tahapan yang digunakan, yaitu observasi, perencanaan, pelaksanaan, validasi ahli, dan revisi produk dan kelayakannya menunjukkan hasil penilaian ahli materi pada aspek pembelajaran memperoleh skor 3,6 dengan kategori sangat baik dan aspek isi memperoleh skor 3,7 dengan kategori sangat baik. Penilaian ahli media dalam aspek tampilan memperoleh skor 3,75 dengan kategori sangat baik, aspek pemrograman memperoleh skor 3,3 dengan kategori sangat baik, dan aspek peran media dalam membantu pemahaman materi memperoleh skor 3,8 dengan kategori sangat baik. Penilaian praktisi dalam aspek penilaiannya memperoleh skor 3,85 dengan kategori sangat baik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Silabus Bahasa Indonesia di SMA. Jakarta: Kemendikbud.

Karwono, Mularsih. (2017). Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Raja Grafindo Persada.

Rusyana, Yus. (1984). Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: CV. Diponegoro.

Rita Anita. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS5 Untuk SMK Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Pada Kompetensi Dasar Menguraikan Sistem Informasi Manajemen. Bandarlampung: Universitas Lampung. http:jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO (diakses pada 03-10-2019).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suliani, Ni Nyoman Wetty. (2011). Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Waluyo, Herman. (1991). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter