Penguatan Pendidikan Karakter dalam Teks Drama Fajar Siddiq dan Implikasinya dalam Pembelajaran

Nida Amaliya, Sumarti Sumarti, Bambang Riadi

Sari


This research purposed to describe the values of education character in drama text of Fajar Siddiq created by Emil Sanossa. This research used descriptive qualitative method. The data of this research was the values of education character that contained in its drama text. The result of this research showed that in the drama text of  Fajar Siddiq, there were the values of education character 1) religious; 2) nationalist; 3) independence; 4 ) mutual cooperation; and 5) integrity.The result of this research can be implied in learning of eleventh grade high school students at basic competence 3.8 identifying values life in a collection of short stories read. It can be seen in the form of teaching materials on the core activities in the implementation of learning lesson plans.

Keywords: text drama, strengthening character education, the value of a character

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam teks drama Fajar Siddiq karya Emil Sanossa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini ialah nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam teks drama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam teks drama Fajar Siddiq terdapat nilai pendidikan karakter 1) religius; 2)  nasionalis; 3) mandiri; 4) gotong royong; dan 5) integritas. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran SMA kelas XI pada kompetensi dasar 3.8 mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca. Implikasi ini dapat dilihat dalam bentuk bahan ajar pada bagian kegiatan inti dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Kata Kunci : teks drama, penguatan pendidikan karakter, nilai karakter

Referensi


Amri, Sofan, et al. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Asmani, Jamal Ma’ruf. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Basuki, Sulistyo. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Budianto, Melani, et al. Ida Sundari Husen. Manneke Budiman.

Ibnu Wahyudi. 2006. Membaca Sastra. Magelang: IndonesiaTera.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Kemendikbud.

Kesuma, Dharma, et al. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lickona, Thomas. 2012. Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, Mansur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rochim, Abdul, et al. 2018. Tindak Kriminalitas Anak Sangat Memprihatinkan. Jakarta: Sindownews.

Wijaya, Etistika Yuni, et al. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter