Tahapan Alur dalam Kumpulan Cerpen Kaki Langit dan Rancangan Pembelajarannya di SMP

Lailatul Rohmah, Munaris Munaris, Bambang Riadi

Sari


The aim of this research was to describe the anthologies plot stages of short story in Horison Magazine 2015 entitled Kaki Langit and to create it’s learning design for Junior High School. This research used qualitative descriptive method and text analysis data collection technique. The result of this research showed that the progressive plot is the mainly used plot. These short stories used regular plot from the situating stage to the ending stage, While the flashback plot is only used in Tembang Canting Kinanti and Lelaki Jagoan Tiban short story, that start from a conflict then back to the situating stage and ending stage.  Findings can be used to create the learning design for the element of literature work materials at the ninth grade that is arranged based on basic Basic Competence 3.5 and 4.5 about instrumental elements of literature in on short story in Indonesian lesson curriculum 2013.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan alur dalam kumpulan cerpen Kaki Langit yang terdapat pada majalah Horison edisi 2015 dan membuat rancangan pembelajarannya di SMP. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar cerpen yang diteliti menggunakan jenis alur lurus (progresif), cerpen-cerpen ini menggunakan tahapan alur yang teratur, mulai dari tahap penyituasian hingga tahap penyelesaian sedangkan penggunaan jenis alur sorot balik (flashback) hanya terdapat pada cerpen yang berjudul Tembang Canting Kinanti dan Lelaki Jagoan Tiban, tahapan alur yang digunakan pada kedua cerpen tersebut dimulai dari konflik kemudian kembali pada tahap penyituasian dan diakhiri dengan tahap penyelesaian. Hasil penelitian ini dapat dibuat rancangan pembelajaran yang disusun berdasarkan Kompetensi Dasar 3.5 dan 4.5 tentang unsur pembangun karya sastra pada teks cerpen pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013.

Kata kunci: tahapan alur, cerpen, rancangan pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aminuddin. (2014). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Handayani, R. et. al. (2013). Jurnal Kata: Pengaluran dan Penokohan Novel Sepatu Dahlan serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Universitas Lampung.

Moeloeng, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B.( 2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Oktami, N. (2016). Alur dalam novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono dan Rancangan Pembelajarannya di SMA. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Ramadhan, C. G., et al. (2015). Menghadapi Tantang Kita. Jakarta: Majalah Horison.

Suyanto, E. (2012). Perilaku Tokoh dalam Cerpen Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.