KEMAMPUAN MENULIS NARASI BERDASARKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA SMP NUSANTARA

Ari Mahendra, Nurlaksana Eko Rusminto, Eka Sofia Agustina

Sari


The problem in this research is how the ability to write a narrative based media images beamed eighth grade students of SMP Nusantara Bandar Lampung. The purpose of this study was to determine the ability to write a narrative based media images beamed eight grade students of SMP Nusantara Bandar Lampung. The method used in this research is descriptive method. The population in this study were eighth grade students who totaled 128 people. As for the samples in the study are 32 students. Average scores overall narrative writing skills test results based on the images beamed eighth grade students of SMP Nusantara Bandar Lampung school year 2012/2013 is 64.3 classified in good category.

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menulis narasi berdasarkan media gambar berseri pada siswa kelas VIII SMP Nusantara Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis narasi berdasarkan media gambar berseri siswa kelas VIII SMP Nusantara Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 128 orang. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian berjumlah 32 siswa. Skor rata-rata keseluruhan hasil tes kemampuan menulis narasi berdasarkan gambar berseri pada siswa kelas VIII SMP Nusantara Bandar Lampung Tahun pelajaran 2012/2013 adalah 64,3 tergolong dalam kategori baik

Kata kunci: diksi, menulis, narasi.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Keraf, Gorys. 2001. Eksposisi dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah.

Marwoto. 2000. Pembelajaran Mengarang. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, Henry Guntur. 1992. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter