Hubungan Memahami Kosakata dengan Menulis Teks Pidato Siswa SMA Plus Muhammadiyah Natar

Rangga Yudha, Iqbal Hilal, Edi Suyanto

Sari


Hasil penelitian diperoleh nilai rerata siswa kelas X (variabel x) sebesar 79,00 (baik) dan rerata (variabel y) sebesar 82,00 (baik). Kelas XI (variabel x) sebesar 81,00 (baik) dan rerata (variabel x) sebesar 83,00  (baik). Kkelas XII (variabel x) sebesar 83,00, (baik) dan nilai rerata (variabel x)  sebesar 83,00 dengan  (baik). Hasil uji hipotesis yang diajukan “ada hubungan positif dan erat memahami kosakata dalam kemampuan menulis teks pidato” teruji. Hal ini terlihat dalam tabel hasil penghitungan kelas X menunjukkan r hitung > r tabel atau 0,577 > 0,005, nilai koefesien determinasi  (R Square) adalah 0,577 hal ini berarti (variabel Y) memiliki kontribusi 57,7% terhadap (variabel X). Kelas XII menunjukkan r hitung > r tabel atau 0,655 > 0,005, nilai koefesien determinasi  (R Square) adalah 0,655 hal ini berarti (variabel X) memiliki kontribusi 65,5% terhadap (variabel Y).

The research conducted obtained value average graders x (variable x) of 79,00 (good) and average (variable y) of 82,00 (good). Grader student of (of variable x) as much as 81,00 (good) and weighted (of variable x) as much as 83,00 (good). Student class XII (variable x) of 83,00, (good) and value average (variable x) of 83,00 with (good). Hypothesis advanced by testing shows “there was a correlation closely understand a vocabulary of a positive and the ability of the write the text of a speech“ test-proof. It is seen in the class table calculation x indicating that r count r table or 0,577 > 0,005, the koefesien determination (r square) is 0,577 this means (variable y) contributor 57,7% against (variable x). Class xii which indicates that r count r table or 0,655 > 0,005 , value koefesien determination ( r square is 0,655 this means ( of variable x ) having contribution 65,5% of ( of variable y ).

Kata kunci: kosakata, ucapan, kemampuan, korelasi.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Nurgiantoro, Burhan. 1988. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Sanusi, A. E. 1996. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Tarigan. 1984. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.