Pembelajaran Menulis Laporan Kegiatan pada Siswa Kelas VIII C SMPN 3 Tegineneng

Surya Agus Cahyanti, Edi Suyanto, Eka Sofia Agustina

Sari


The purpose of this study is to describe learning planning, implementation of learning, and assessment of learning to write activity reports based on the KTSP curriculum. The method used in this study is qualitative descriptive. The source of data in this study is learning to write activity reports on class VIII C Tegineneng 3 Public Middle School. Data collection techniques in this study were observation, documentation, and interviews. The results of the study show that the teacher has done three stages in learning which include learning planning, implementation of learning, and assessment of learning. The activities carried out by the teacher include three stages of activity, namely preliminary activities, core activities, and closing activities. The assessment carried out by the teacher included an attitude competency assessment with direct observation techniques, assessment of knowledge competencies with written test techniques, and skills competency assessment with practical test techniques.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran menulis laporan kegiatan berdasarkan kurikulum KTSP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pembelajaran menulis laporan kegiatan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Tegineneng. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan dalam pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Aktivitas yang dilakukan guru meliputi tiga tahap kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegitan inti, dan kegiatan penutup. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap dengan teknik observasi langsung, penilaian kompetensi pengetahuan dengan teknik tes tulis, dan penilaian kompetensi keterampilan dengan teknik tes praktik.

Kata kunci: laporan kegiatan, menulis, pembelajaran


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Akhadiah, Arsjad Ridwan. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Gelora Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.